PT SMI Bidik Proyek Transportasi Hingga Perumahan di Ibu Kota Baru

Ameidyo Daud Nasution
11 Oktober 2019, 08:10
Ibu kota baru, PT SMI, Infrastruktur.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Pembangunan tol di kawasan Kalimantan Timur. PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) (Persero) siap membiayai pembangunan infrastruktur ibu kota baru di Kalimantan Timur. Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan proyek yang dibidik antara lain air bersih, transportasi perkotaan, instalasi air limbah, hingga perumahan.

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) (Persero) siap membiayai pembangunan infrastruktur ibu kota baru di Kalimantan Timur. Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan proyek yang dibidik antara lain air bersih, transportasi perkotaan, instalasi air limbah, hingga perumahan.

Edwin sekaligus memastikan SMI akan menjadi salah satu instansi pertama yang membiayai pembangunan fisik ibu kota baru. “Kami juga akan masuk ke proyek greenfield (belum laik secara ekonomi),” kata Edwin di Kepulauan Seribu, Kamis (11/10) malam.

Advertisement

(Baca: Proyek Infrastruktur Masih Menggeliat, Laba PT SMI Naik 16%)

Namun ia masih menunggu arahan pemerintah mengenai pembiayaan proyek ibu kota baru di Kalimantan Timur. Ini karena setiap instansi memiliki kewenangan proyek yang berbeda dan perlu diperjelas terlebih dahulu.

 “Tapi kami pasti terlibat untuk mengurangi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ujar dia.

Dia juga mengatakan SMI sebelumnya telah terlibat dalam pembiayaan proyek di Kabupaten Penajam Paser sejak tahun 2017. Saat itu BUMN tersebut ikut mendanai proyek jalan raya dan rumah sakit dengan total nilai Rp 346 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement