Sasar RI, Induk Rumah123 & Startup Singapura Buat Marketplace Properti

Penulis: Desy Setyowati

11/10/2019, 12.25 WIB

Induk Rumah123 optimistis, perusahaan patungan ini bisa meningkatkan pendapatan meskipun sedikit.

Induk Rumah123 dan startup asal Singapura membuat perusahaan patungan di bidang marketplace properti. Perusahaan ini bakal menyasar pasar Singapura dan Indonesia.
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
IIlustrasi, pengunjung melintas di dekat maket hunian yang dipamerkan dalam Indonesia Properti Expo di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Jumat (2/8/2019). Induk Rumah123 dan startup asal Singapura membuat perusahaan patungan di bidang marketplace properti. Perusahaan ini bakal menyasar pasar Singapura dan Indonesia.

Induk Rumah123, REA Group dan startup asal Singapura, 99.co sepakat mendirikan perusahaan patungan di bidang marketplace properti. REA Group disebut-sebut berinvestasi US$ 8 juta atau sekitar Rp 113,4 miliar untuk joint venture ini.

Lewat perusahaan patungan ini, REA Group ingin menyasar pasar properti yang lebih luas di Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Singapura. CEO REA Group Owen Wilson mengatakan joint venture ini merupakan penggabungan bisnis 99.co dengan dua anak usaha REA Group, yakni iProperty.com.sg di Singapura dan Rumah123.com Indonesia. 

Owen menyampaikan, kerja sama dengan 99.co akan mengukuhkan kehadiran perusahaan sebagai perusahaan properti. “Dikombinasikan dengan keahlian dan pengalaman kami di negara-negara lain, di mana kami memimpin pasar yang signifikan, hal ini akan menghadirkan peluang fantastis untuk secara cepat meningkatkan pangsa pasar kami,” kata dia dalam siaran pers, kemarin (10/10).

Ia menilai, pengalihan bisnis REA Group di Singapura dan Indonesia ke perusahaan patungan ini akan menghasilkan laba non-material. Hal ini juga akan sedikit meningkatkan pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (earnings before interest, taxes, depreciation and amortization/EBITDA) untuk segmen Asia. Sebab, bisnis-bisnis tersebut masih berada pada tahap investasi awal.

(Baca: Generasi Milenial Gencar Cari Informasi Seputar Properti )

Perusahaan patungan ini akan diperlakukan sebagai ekuitas yang diasosiasikan dengan REA Group. Co-founder 99.co, Darius Cheung akan menjadi CEO. Lalu, Chief Strategy Officer (CSO) REA Group Henry Ruiz dan Chief Financial Officer (CFO) Janelle Hopkins akan menjabat dewan direktur non-eksekutif.

Uji tuntas (due diligence) kerja sama diharapkan selesai pada Kuartal II 2020. Dengan begitu, perusahaan patungan ini bisa beroperasi penuh di Singapura dan Indonesia pada awa 2020.

Henry Ruiz menilai, tim 99.co sangat solid. Darius Cheung misalnya, meningkatkan pengguna hingga 32 kali dalam dua tahun terakhir. “Digital expertise dan customer relationship akan mempercepat kemampuan kami dalam berkompetisi dan memenangkan persaingan di Singapura dan Indonesia,” kata dia.

Mengutip dari Tech In Asia, REA Group berinvestasi US$ 8 juta melalui perusahaan patungan ini.

Sedangkan 99.co merupakan startup properti asal Singapura yang didukung Sequoia, pendiri Facebook Eduardo Saverin, Allianz X, MindWorks Ventures, dan East Ventures. Para investor ini akan memiliki 73% saham di perusahaan patungan tersebut.

(Baca: Selera Milenial, Beli Rumah pun Harus Instagramable)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan