Ketua DPP Gerindra Sebut Kadernya Siap Diminta Jadi Menteri Jokowi

Agatha Olivia Victoria
12 Oktober 2019, 16:19
gerindra, koalisi jokowi, kabinet jokowi maruf, gerindra merapat jokowi
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan kader Gerindra siap jika diminta menjadi menteri kabinet Jokowi.

Kabinet kerja Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin disebutkan telah rampung disusun. Salah satu partai oposisi, Gerindra, disebut-sebut bakal merapat ke koalisi pemerintahan Jokowi. 

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa kader Gerindra siap jika diminta menjadi salah satu menteri dalam kabinet kerja. "Kami siap membantu pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin jika dibutuhkan. Entah di pemerintahan atau parlemen," kata Riza di D'Consulate, Jakarta, Sabtu (12/10).

Advertisement

Hal ini merupakan salah satu hasil dari pertemuan Jokowi dengan Prabowo. Gerindra tak terlalu mempersoalkan apakah nantinya akan bergabung di dalam koalisi maupun di luar koalisi. Baginya, yang terpenting membangun bangsa Indonesia.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah bertemu dengan Prabowo kemarin di Istana Negara. Pertemuan tersebut membahas kemungkinan partai Gerindra bergabung ke dalam koalisi pemerintahan.

(Baca: Setelah Bertemu SBY, Jokowi Buka Peluang Rombak Susunan Kabinet Baru)

Selain masalah koalisi, Jokowi dan Prabowo juga berbicara perihal ekonomi negara. Hal tersebut dibahas lantaran saat ini tengah terjadi perlambatan ekonomi dunia.

Mengenai apakah Gerindra nantinya berada di dalam koalisi atau di luar, Riza menyebutkan partainya akan menentukan sikap pada rapat kerja nasional di Bogor pekan depan. "Sikap resmi Gerindra baru akan diputuskan dalam rakernas 16 Oktober nanti," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement