Bos Gojek Bocorkan Cara Kerja Teknologinya kepada 25 Startup

Desy Setyowati
14 Oktober 2019, 12:33
Co-Founder Gojek Kevin Aluwi (kedua dari kiri) berbagi informasi terkait cara kerja dan manfaat dari machine learning kepada 25 startup.
Gojek
Co-Founder Gojek Kevin Aluwi (kedua dari kiri) berbagi informasi terkait cara kerja dan manfaat dari machine learning kepada 25 startup.

Co-Founder Gojek Kevin Aluwi mengatakan, perusahaannya mengembangkan mesin pembelajar (machine learning) dalam empat tahun terakhir. Kini, ia berbagi informasi terkait cara kerja dan manfaat dari teknologi tersebut kepada 25 startup.

Perusahaan rintisan tersebut berasal dari lokal maupun internasional yang tengah mengikuti program akselerator startup Gojek Xcelerate. Kepada mereka, Kevin mengungkapkan bahwa mesin pembelajar merupakan salah satu kunci sukses Gojek.

Advertisement

Kevin menjelaskan, machine learning membantu Gojek mempelajari banyak hal, mulai dari pola perilaku pelanggan dan mitra. “Juga kondisi lalu lintas yang menjadi insight baru bagi kami untuk menemukan berbagai pendekatan baru, bahkan rute baru, untuk meningkatkan pengalaman pelanggan,” kata Kevin dalam siaran pers, Senin (14/10).

Gojek memproses data dari jutaan pesanan setiap hari, menggunakan machine learning. Di satu sisi, decacorn Tanah Air ini memiliki lebih dari 20 layanan. Karena itu, informasi (insight) yang diperoleh Gojek beragam.

Melalui teknologi itu, Gojek menjaga keseimbangan antara jumlah mitra pengemudi dengan tingkat permintaan di suatu wilayah. Kevin pun mengklaim, sistem ini menguntungkan seluruh pihak, baik penumpang maupun mitra pengemudi.

(Baca: Nadiem Gojek Berbagi Tiga Kunci Sukses kepada 15 Startup Lokal)

Mesin pembelajar, kata dia, juga memudahkan mitra penjual memberi label menu di fitur GoFood. Teknologi ini bahkan bisa menyaring menu dan membaginya ke dalam beberapa kategori, mulai dari jenis, nominal harga, hingga pengelompokkan rasa manis atau asin.

Kevin menyampaikan, sistem itu meningkatkan efisiensi waktu bagi pelanggan menemukan kuliner yang diinginkan. Sebab, tampilan menu di setiap ponsel pengguna akan berbeda karena sudah dipersonalisasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement