Data Ekspor-Impor Tiongkok Lesu, Rupiah Melemah Tipis

Agustiyanti
14 Oktober 2019, 16:27
rupiah
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Ilustrasi. Nilai tukar rupiah pada perdagangan di pasar spot sore ini melemah 0,01% ke posisi Rp 14.139 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan di pasar spot sore ini berada di posisi Rp 14.139 per dolar AS, melemah 0,01% dibandingkan perdagangan akhir pekan lalu Rp 14.137 per dolar AS.

Adapun kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah pada posisi Rp 14.126 per dolar AS, menguat dibanding posisi akhir pekan lalu Rp 14.139 per dolar AS.

Pada perdagangan pasar spot hari ini, rupiah sempat dibuka menguat di posisi Rp 14.130 per dolar AS, bahkan sempat menyentuh level terkuat Rp 14.112 per dolar AS. Namun, rupiah lalu bergerak melemah tak lama usai pengumuman data ekspor impor Tiongkok yang menunjukkan kinerja yang tak sesuai harapan.

Dikutip Reuters, ekspor Tiongkok pada September turun 3,2% dibanding periode yang sama tahun lalu, lebih lambat dibanding proyeksi analis sebesar 3% dan realisasi bulan sebelumnya sebesar 1%.

Adapun realisasi impor Tiongkok tak lebih baik, bahkan turun 8,5%, jauh dari perkiraan analis sebelumnya sebesar 5,2%.

(Baca: Ekspor dan Impor Anjlok, Surplus Dagang Tiongkok Naik pada September)

Meski demikian, Tiongkok justru mencatatkan surplus neraca perdagangan US$ 39,65 miliar, lebih tinggi dibanding bulan lalu sebesar US$ 34,84 miliar. Surplus ini juga lebih tinggi dari perkiraan analis yang mencapai US$ 33,3 miliar.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim menjelaskan rupiah pada perdagangan hari ini juga masih dipengaruhi kesepakatan perang dagang tahap pertama. Menurut dia, asa damai dagang yang meningkat antara AS dan Tiongkok berpeluang membuat Bank Sentral AS, The Fed Federal Reserve menahan suku bunga acuannya. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...