Palapa Ring Resmi Beroperasi, Jokowi: Jangan untuk Fitnah dan Hoaks

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ekarina

14/10/2019, 13.32 WIB

Jokowi berharap beroperasinya Palapa Ring dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menkominfo Rudiantara (kanan), Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kiri) dan Seskab Pramono Anung meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut ak
antara foto
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menkominfo Rudiantara (kanan), Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kiri) dan Seskab Pramono Anung meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan beroperasinya Palapa Ring dapat meningkatkan konektivitas internet di seluruh Indonesia. Namun, presiden mengimbau agar peningkatan konektivitas tersebut tak disalahgunakan untuk menyebar ujaran kebencian, fitnah maupun berita bohong atau hoaks di media sosial.

“Saling menjelekkan, saling mencela di media sosial harus dihentikan,” kata Jokowi saat peresmian operasional Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10).

Menurutnya, penyebaran tindakan tersebut harus dicegah untuk mempererat persatuan Indonesia. Selain itu, dia pun meminta agar kejahatan siber dapat turut dicegah agar tak semakin berkembang di Indonesia.

(Baca: Jokowi Resmikan Operasional Proyek Palapa Ring)

Jokowi berharap beroperasinya Palapa Ring dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pula menghadirkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mantan Walikota Solo juga menginginkan, infrastruktur ini dapat memperbaiki pendidikan sampai ke wilayah pelosok Indonesia. “Juga untuk memperkuat perdagangan, menghubungkan produk-produk UMKM ke jaringan pasar nasional bahkan pasar global,” kata dia.

Jokowi lantas meminta aparat pemerintah memanfaatkan operasi “tol langit” ini dalam pelayanan birokrasi. Dengan demikian, akan tercipta birokrasi yang efektif dan efisien di seluruh Indonesia.

Dengan demikian, pelayanan birokrasi juga bakal akuntabel serta kebijakan yang diambil pemerintah bakal semakin akurat ke depannya.

“Bagi seluruh rakyat Indonesia gunakan konektivitas digital ini dengan baik. Gunakan untuk kebaikan kita bersama, kerukunan dan sebagai bangsa untuk kemajuan Indonesia,” ucapnya.

Jokowi hari ini meresmikan pengoperasian proyek Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta. Palapa Ring merupakan proyek jaringan serat optik nasional yang digadang-gadang dapat menghubungkan internet di seluruh Indonesia.

(Baca: Pasar Potensial, 16 Operator Berminat Pakai Palapa Ring Timur)

Jaringan yang dibangun membentuk cincin yang mengitari tujuh pulau, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Adapun, Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yakni Barat, Tengah, dan Timur.

Dalam peresmian infrastruktur telekomunikasi tersebut, Jokowi juga mengadakan video konferensi dengan pejabat pemerintah daerah dari Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara, dan Sabang. Acara ini turut dihadiri Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mataliti.

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro. Hadir pula Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan serta  pejabat lain.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan