Indosat Lepas 3.100 Menara ke Anak Usaha Telkom dan TOWR

Image title
15 Oktober 2019, 12:21
Seorang pria melintas di depan gedung Indosat, Jakarta Pusat (20/2)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang pria melintas di depan gedung Indosat, Jakarta Pusat (20/2)

PT Indosat Tbk (ISAT) menjual 3.100 menara telekomunikasi, kepada dua pemenang tender yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel)  dan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo). Dari penjulan aset menara tersebut, perusahaan bakal mengantongi dana segar sekitar Rp 6,39 triliun.  

PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) merupakan anak usaha PT Telekkomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom dengan kepemilikan saham 99,99%. Sementara,  Protelindo juga merupakan anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dengan kepemilikan saham 99,99%. 

Berdasarkan keterbukaan informasi yang diunggah di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (15/10), total transaksi penjualan menara Indosat mencapai Rp 6,39 triliun. Dalam penandatanganan Perjanjian Jual-Beli (Sales and Purchase Agreement/SPA), Mitratel memenangkan tender 2.100 menara Indosat, sedangkan 1.000 unit sisanya bakal dimiliki Protelindo.

(Baca: Indosat Sedang Kaji Penjualan Aset Menara Senilai Rp 4,2 Triliun)

Pembayaran akan dilakukan seluruhnya dalam bentuk tunai pada saat penyelesaian transaksi. Pembayaran dijadwalkan paling lambat pada 16 Desember 2019, tergantung syarat penutupan transaksi.

Selain itu, Indosat bakal meminta persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada 21 November 2019. Sebab, Indosat bakal menyewa kembali menara tersebut selama 10 tahun dari masing-masing pembeli setelah proses transaksi itu rampung.

President Director & CEO Indosat, Ahmad Al Neama transaksi ini memungkinkan Indosat untuk mempercepat strateginya dan meningkatkan pengalaman bagi pelanggan.

"Kami telah menempatkan portofolio berkualitas bersama dua penyedia menara telekomunikasi terkemuka di Indonesia dan akan menyewanya  kembali dengan persyaratan menarik, untuk memenuhi kebutuhan pembangunan kami secara berkelanjutan,” ujarnya. 

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...