Jokowi-Amin Akan Dilantik, BEI Harap BUMN Mau Masuk Bursa Saham

Image title
15 Oktober 2019, 15:05
bumn, pasar modal, bursa efek indonesia, bei, jokowi dilantik
Katadata
Terpilihnya Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden diharapkan menciptakan stabilitas ekonomi sehingga mendorong BUMN untuk lebih memanfaatkan pasar modal.

Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap, dengan terpilihnya Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) semakin bisa memanfaatkan pasar modal sebagai sumber pendanaan untuk mengembangkan usahanya.

"Kami harapkan, perusahaan-perusahaan dari BUMN dan private company, bisa me-utilisasi yang namanya pasar modal Indonesia," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna ketika ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (15/10).

Advertisement

Menurut Nyoman, kehadiran pasar modal dalam negeri, bisa mendiversifikasi sumber pendanaan bagi perusahaan. Sehingga, perusahaan tidak hanya mencari pendanaan melalui perbankan saja, namun bisa melalui skema penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) maupun penerbitan surat utang perusahaan.

(Baca: BEI Catat 12 Perusahaan Siap IPO di Awal Tahun 2019, Tak Ada BUMN)

Oleh karena itu Nyoman mengajak agar perusahaan tidak ragu untuk melantai di bursa, termasuk buat perusahaan kecil. "Buat perusahaan, jangan ragu masuk Bursa. Jadilah besar di pasar modal," kata Nyoman menambahkan.

Tidak hanya itu, Nyoman juga berharap dengan dipilihnya Jokowi dan Ma'ruf yang akan dilantik pada 20 Oktober 2019 mendatang, kondisi ekonomi dalam negeri tetap bisa kondusif. "Kami juga harap keberlanjutan dari sumber ekonomi yang kondusif bisa terus berlanjut," kata Nyoman.

Seperti diketahui, Jokowi merupakan petahana, di mana pada periode 2014-2019, dia menjabat sebagai Presiden dengan wakil Jusuf Kalla. Masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla pun akan berakhir. Sejumlah keberhasilan berhasil dicapai oleh pemerintahan Jokowi Jilid I, dan sejumlah kegagalan menjadi bekalnya memimpin di periode kedua.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement