Jonan Peringatkan Tanah Jakarta Bisa Turun 5 Meter dalam 10 Tahun

Image title
15 Oktober 2019, 19:34
Ignasius Jonan
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berharap pemerintah DKI Jakarta punya alternatif penyediaan air bersih.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan penurunan permukaan tanah di DKI Jakarta akan terus bertambah. Sebab, masyarakat masih mengebor tanah untuk memperoleh air bersih.

Menurut data Kementerian ESDM, kebutuhan air bersih di Jakarta saat ini mencapai 846 juta meter kaki kubik per tahun. Sedangkan layanan air PDAM Jakarta hanya mampu memenuhi sekitar 62%, sehingga sisa kebutuhan air bersih dipenuhi dari pengambilan air tanah.

Advertisement

Pengambilan air tanah berlebihan di Jakarta mengakibatkan turunnya muka air tanah yang ikut menjadi penyebab terjadinya penurunan tanah (landsubsidence) dan intrusi air laut terutama di wilayah Utara Jakarta.

(Baca: Jelang Akhir Jabatan, Jonan Paparkan Capaian 3 Program Andalan Jokowi)

Berdasarkan laporan dari Badan Geologi, laju penurunan permukaan tanah tertinggi yang terukur oleh alat GPS Geodetik adalah 12 centimeter. Menteri ESDM Ignasius Jonan mengasumsikan apabila terjadi penurunan permukaan tanah 10 centimeter dalam setahun, dalam 50 tahun penurunan permukaan tanah di Jakarta Utara mencapai 5 meter.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement