IHSG dan Suku Bunga Turun, Investor Institusi Bakal Serbu Obligasi

Happy Fajrian
16 Oktober 2019, 16:42
katadata investor confidence index, obligasi, portofolio investasi, katadata insight center,
KATADATA
Hasil survei KICI menunjukkan investor meyakini instrumen obligasi paling prospektif untuk tiga bulan mendatang lantaran IHSG yang menurun sepanjang triwulan III 2019 serta tren turunnya bunga acuan BI.

Investor institusi diyakini akan menggeser portofolio investasinya lebih banyak ke instrumen obligasi pada triwulan IV 2019. Investor meyakini obligasi sebagai instrumen investasi yang berkinerja terbaik dalam tiga bulan mendatang dibandingkan instrumen saham dan pasar uang.

Berdasarkan hasil survei Katadata Investor Confidence Index (KICI) yang dirilis oleh Katadata Insight Center (KIC) hari ini, Rabu (16/10), hal tersebut lantaran turunnya keyakinan investor terhadap kondisi perekonomian dan pasar modal untuk periode tiga bulan mendatang, yakni dari 147,9 menjadi 135,1.

Sejalan dengan turunnya keyakinan terhadap kondisi perekonomian dan pasar modal, 59% dari 272 investor yang disurvei menilai obligasi sebagai instrumen investasi yang akan berkinerja terbaik pada tiga bulan terakhir tahun ini, diikuti saham (28%) dan pasar uang (13%).

Sedangkan pasar saham dan pasar uang semakin tidak diminati lantaran kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) yang jeblok pada triwulan III, dan tren turunnya suku bunga Bank Indonesia (BI).

(Baca: Usai Pemilu, Kepercayaan Investor Merosot Akibat Lesunya Ekonomi Dunia)

Seperti diketahui IHSG yang terkoreksi hingga 2,98% sepanjang triwulan III 2019. Sementara itu BI sudah menurunkan bunga acuan, BI 7 days reverse repo rate, sebanyak tiga kali sepanjang tahun ini hingga September 2019, masing-masing sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,25%.

Dalam pandangan investor, instrumen obligasi yang paling menarik yaitu obligasi yang bertenor panjang. Sebanyak 54% responden meyakini hal tersebut, sedangkan 46% responden meyakini obligasi bertenor pendek yang paling prospektif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...