Pemerintah Gandeng E-Commerce Perluas Kredit Rakyat di Bidang Mode

Agatha Olivia Victoria
16 Oktober 2019, 20:43
KUR, Kredit Usaha Rakyat, E-Commerce
Stanisic Vladimir/123rf

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk bisnis di bidang mode telah mencapai Rp 1,13 triliun pada periode Januari-September 2019. KUR ini disalurkan kepada lebih dari 45 ribu debitur.

Penyaluran tertinggi yakni untuk industri pakaian jadi dan perlengkapan yaitu sebesar Rp 770 miliar atau 67,6% dari total KUR di bidang mode. Untuk memperluas penyaluran KUR di bidang mode, pemerintah bekerja sama dengan penyedia marketplace e-commerce di bidang mode.

Perkembangan terbaru, pemerintah bekerja sama dengan Zilingo. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan marketplace  e-commerce berkembang pesat dan telah membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya.

(Baca: Riset: 89% UKM RI Kembangkan Bisnis Pakai Facebook hingga Instagram)

“Melalui e-commerce, akses pasar menjadi tidak terbatas. Pelaku usaha dapat memperluas pasar, baik ke pasar domestik,” ujar dia dalam acara Zilingo di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, Rabu (16/10). Ia menambahkan, e-commerce juga dapat menunjang efisiensi dan inklusivitas.

Maka itu, pemerintah menggandeng marketplace e-commerce dalam upaya pengembangan UMKM melalui KUR dan pelatihan. Terkait ini, Zilingo meluncurkan inisiatif berupa program SheWorkz. Zilingo menyediakan pembiayaan untuk kelompok-kelompok pengusaha perempuan, khususnya di bidang mode dan gaya hidup.   

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...