Usai Pemilu, Kepercayaan Investor Merosot Akibat Lesunya Ekonomi Dunia

Happy Fajrian
16 Oktober 2019, 15:00
katadata investor confidence index, katadata insight center, indeks keyakinan investor, perang dagang
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (11/10/2019). Menurut Katadata Investor Confidence Index (KICI) tingkat keyakinan investor terhadap kondisi perekonomian dan finansial merosot cukup dalam dipicu oleh ketidakpastian ekonomi global.

Hasil survei Katadata Investor Confidence Index (KICI) yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, kepercayaan investor institusi di pasar finansial terhadap kondisi perekonomian dan pasar keuangan merosot tajam pada kuartal III 2019.

Menurut survei tersebut, nilai indeks kepercayaan investor mencapai level terendahnya sejak kuartal IV 2018 yang berada pada angka 139,1. Pada kuartal III 2019, indeks KICI merosot menjadi 128,6 atau turun hingga 18,2 poin dari 146,8 pada kuartal II 2019.

Penurunan tersebut dipicu oleh turunnya indeks situasi sekarang (ISS) dari 145,1 menjadi 118,8. Sedangkan indeks ekspektasi (IE) turun dari 147,9 menjadi 135,1 yang terutama dipicu oleh merosotnya kepercayaan investor terhadap kondisi ekonomi global.

(Baca: Indeks KICI: Investor Optimistis Kondisi Ekonomi di Kuartal 3)

Menurut panel ahli KIC, Damhuri Nasution, eskalasi perang dagang AS-Tiongkok serta kondisi geopolitik yang semakin memanas terutama di Timur Tengah antara AS dan Iran, berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia menjadi faktor pemicu besarnya pesimisme investor ini.

“Perang dagang antara AS dengan Tiongkok memberikan dampak perlambatan ekonomi global. Ini berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia melalui penurunan ekspor,” jelas Damhuri Nasution, Panel aAhli Katadata Insight Center dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (16/10).

Turunnya dua indeks tersebut karena penilaian yang menurun pada kondisi perekonomian global. Pada ISS, nilai indeks kondisi perekonomian global hanya mencapai 81,3, jauh di bawah indeks triwulan II 2019 yang mencapai 126,2. Sementara pada IE, nilai indeks kondisi ekonomi global merosot dari 137,3 menjadi 120,2.

(Baca: Indeks KICI: Investor Institusi Paling Khawatir Efek Perang Dagang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...