Fintech Akulaku Berfokus Tawarkan Pinjaman Kendaraan di Jawa

Cindy Mutia Annur
17 Oktober 2019, 18:05
Fintech Akulaku bakal berfokus menawarkan pinjaman kendaraan (car loan) di Jawa terlebih dulu
Instagram/@akulaku_id
Ilustrasi, Director of Corporate Affairs and Public Relations Akulaku Indonesia Anggie Setia Ariningsih (paling kanan). Fintech Akulaku bakal berfokus menawarkan pinjaman kendaraan (car loan) di Jawa terlebih dulu.

Perusahaan teknologi finansial di bidang pinjam-meminjam (fintech lending) Akulaku meluncurkan produk pinjaman untuk kendaraan bermotor (car loan) pada Juli lalu. Startup ini berfokus menawarkan layanan itu untuk konsumen yang berdomisili di Jawa terlebih dulu.

Marketing Manajer Akulaku Gea Murkan mencatat, sudah ada 70 peminjam yang mengunakan layanan car loan ini. Mereka rerata tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Selain Jabodetabek, perusahaan ingin fokus menyasar pasar di Jawa. “Kami akan masuk wilayah ini pada Semester I 2020,” kata dia di Jakarta, Kamis (16/10). Hanya, ia tidak merinci tentang potensi pasar di wilayah ini.

Ia hanya menjelaskan bahwa peminjam bisa mendapat pinjaman Rp 20 juta hingga Rp 500 juta. Bunga yang ditawarkan sekitar 12% per tahun bersifat tetap (flat). Jangka waktu pinjamannya mulai dari satu hingga lima tahun. 

(Baca: Akulaku Bakal Rilis Kredit UMKM dan Kendaraan Akhir 2019)

Saat ini, proses pengajuan pinjaman untuk kendaraan ini masih dilakukan secara manual. Konsumen harus datang ke kantor pusat Akulaku di Kelapa Gading atau Ciledug dengan membawa persyaratan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), surat Pajak bumi dan bangunan (PBB), bukti penghasilan konsumen, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Selanjutnya, tim perusahaan bakal melakukan survei ke rumah konsumen untuk melakukan analisis kredit. Setelah pengajuan pinjaman disetujui, maka perusahaan bakal mengambil BPKB konsumen sebagai agunan alias jaminan. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...