Hendra Susanto, Anggota Baru BPK yang Bukan Politisi

Hari Widowati
17 Oktober 2019, 15:46
profil anggota BPK, anggota BPK hendra susanto, profil hendra susanto, anggota BPK dilantik
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
(kiri ke kanan) Lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Pius Lustrilanang, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Achsanul Qosasi dan Harry Azhar Azis berpose usai melaksanakan Pengucapan Sumpah Jabatan Anggota BPK Periode 2019-2024 di Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Mahkamah Agung (MA) resmi melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024. Mereka adalah Achsanul Qosasi, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Harry Azhar Azis, dan Pius Lustrilanang.

Dari kelima anggota BPK tersebut, empat di antaranya memiliki latar belakang sebagai politisi. Hendra Susanto merupakan satu-satunya anggota BPK yang bukan politisi.

Ia adalah auditor yang sudah bekerja selama 20 tahun di BPK. Posisi terakhirnya di lembaga tersebut adalah sebagai Kepala Auditorat IB Direktur Auditorat Keuangan Negara I. Ia adalah anak buah dari Anggota BPK I Agung Firman Sampurna.

Pria kelahiran Lahat, 14 September 1972 ini lulus sebagai sarjana teknik sipil dari Universitas Sriwijaya, Palembang. Namun, ia justru bergelut dengan dunia baru sebagai auditor negara ketika diterima menjadi pegawai BPK.

Hendra memiliki dua gelar pascasarjana. Yang pertama adalah Master of Engineering in Integrated Urban Infrastructure dari Universitas Delft, Belanda yang diraihnya atas beasiswa dari UNESCO-IHE. Yang kedua, gelar Master Hukum Bisnis dari Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta.

Profesinya sebagai auditor negara dikukuhkan dengan sertifikasi sebagai auditor forensik. Hendra sebelumnya juga menjadi auditor investigatif senior di BPK. Saat ini Hendra adalah kandidat doktor di Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Padjajaran, Bandung. Ia melakukan kajian tentang Audit Investigasi dengan Dukungan Digital Forensic untuk disertasinya.

(Baca: Mayoritas Politisi, Ini Profil Anggota BPK 2019-2024 Pilihan DPR)

Usulkan Kemandirian Anggaran BPK

Hendra pernah mengikuti seleksi anggota BPK pada 2017. Pada saat itu ada dua posisi anggota BPK yang kosong. Namun, ia kalah bersaing dengan Agung Firman Sampurna dan Isma Yatun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...