Para Kiai NU Minta PKB Kuasai Enam Kementerian

Ameidyo Daud Nasution
17 Oktober 2019, 20:18
Kiai, PKB, kabinet, Menteri
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ketua DPP PKB Faisol Riza mengatakan kiai dari berbagai daerah meminta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (tengah) memperjuangkan enam kursi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Para kiai Nahdlatul Ulama (NU) dari berbagai daerah meminta Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar memperjuangkan enam pos kementerian di kabinet 2019-2024. Aspirasi ini didapat Muhaimin saat menerima banyak kiai dari berbagai daerah selama tiga hari belakangan.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Faisol Riza mengatakan enam kementerian itu terdiri dari Kementerian Agama, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Sosial, Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Faisol mengatakan enam pos itu dipandang para kiai dapat berdampak langsung pada kesejahteraan rakyat dan memelihara toleransi serta keragaman Indonesia. “Lalu berkontribusi pada ekonomi,” ujar Faisol dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10).

(Baca: PKB Minta Jatah 10 Kursi Menteri, Nasdem Merasa Berhak Lebih Banyak)

Dia menjelaskan, para kiai juga menyampaikan dua hal kepada Cak Imin. Pertama mendoakan pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden berlangsung aman. Kedua, kabinet yang dibentuk harus membuat Indonesia jadi kiblat umat Islam yang santun dan moderat.

“Berbagai peristiwa sosial politik dua bulan terakhir jadi ujian yang menyadarkan kita mahalnya persatuan,” kata Faisol.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...