Harga Emas Dunia Stabil, Logam Mulia Antam Bertahan Rp 758 Ribu

Penulis: Agustiyanti

18/10/2019, 09.34 WIB

Harga emas Antam tak bergerak seiring harga emas yang stabil terbantu kesepakatan Inggris dan Uni Eropa terkait Brexit.

Ilustrasi emas batangab PT Aneka Tambang di butik Gedung Ravindo, Jakarta (14/10/2019). Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Senin (14/10/2019) berada di angka Rp 754.000 per gram.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Harga emas Antam pada perdagangan hari ini tak bergerak atau stabil pada harga Rp 758 ribu per gram.

Harga emas Antam pada perdagangan hari ini tak bergerak atau stabil pada harga Rp 758 ribu per gram. Hal ini seiring dengan harga emas dunia yang juga bertahan seiring kesepakatan terkait keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot tidak berubah pada kisaran US$ 1.491,62 per ons. Sementara emas berjangka AS turun 0,2% menjadi US$ 1.495,4 per ons.

Pada Kamis waktu setempat, Uni Eropa akhirnya bersepakat dengan Inggris soal pemisahan Negeri Ratu Elisabeth ini dari blok kawasan tersebut. Negosiasi Brexit telah melalui jalan panjang selama 18 bulan.

(Baca: Rupiah Dibuka Menguat Tipis Berkat Kesepakatan Brexit)

Pembahasannya kerap terjadi tanpa kesepakatan serta penolakan. Perdana Menteri Inggris sebelumnya, Theresa May gagal mendapat persetujuan parlemen Inggris dan Uni Eropa sampai akhirnya ia mengundurkan diri.

Adapun, Perdana Menteri Inggris yang baru, Boris Johnson bertekad menyelesaikan Brexit pada 31 Oktober hingga akhirnya tercapai. Meski begitu, kesepakatan ini masih menunggu sikap parlemen Inggris.

Harga emas juga terbantu kondisi negosiasi dagang AS-Tiongkok dan data manufaktur AS yang membuat dolar jatuh ke level terendah dan mengangkat harga emas.

(Baca: Hubungan Amerika dan Tiongkok Memanas, Harga Emas Kembali Menanjak)

Pembicaraan perdagangan AS-China, para negosiator sedang berupaya untuk menandatangani teks kesepakatan perdagangan fase satu untuk ditandatangani presiden mereka bulan depan. Sementara itu, data penjualan ritel AS yang lemah meningkatkan kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi terbesar dunia itu.

Sementara itu, mengutip situs logammulia.com, harga emas terpantau stabil untuk seluruh jenis yang dijual berdasarkan bobotnya. Sementara harga pembelian kembali naik Rp 1.000 per gram menjadi Rp 680 ribu per gram.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan