Setelah Asuransi Perjalanan, Traveloka Protect Beri Proteksi Kendaraan

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Yuliawati

18/10/2019, 20.28 WIB

Melalui Traveloka Protect, pengguna mendapat perlindungan untuk mobil lewat fiturnya yang didukung oleh layanan dari Adira Insurance.

Ilustrasi traveloka
Katadata/Agustiyanti
Ilustrasi traveloka

Traveloka Protect mengembangkan fitur layanan asuransi kendaraan mobil dengan menggaet PT. Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). SVP of Insurance and Partnership Traveloka Yady Guitana mengatakan, pengembangan layanan asuransi untuk kendaraan ini berdasarkan masukan (feedback) dari para pengguna fiturnya.

"Jadi kami ingin terus mengembangkan berbagai layanan asuransi lain yang lebih beragam bagi pengguna guna meminimalisir rasa khawatir, khususnya ketika mereka sedang berpergian," kata Yady dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (18/10).

(Baca: Jadi Co-Branding Wonderful Indonesia, Traveloka Siapkan Diskon & Promo)

Yady menyatakan, melalui Traveloka Protect, pengguna mendapat perlindungan untuk mobil lewat fiturnya yang didukung oleh layanan dari Adira Insurance. "Mereka dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun, dengan cara yang sederhana. Tinggal foto kendaraan, lalu klaim asuransi di fitur kami," ujarnya.

Rencananya akan ada layanan asuransi untuk kendaraan roda dua dengan kemitraan bersama Adira Asurance. "Dalam beberapa hari ke depan (layanan) ini bakal diluncurkan juga," ujarnya.

Non Group Multifinance and Alternative Business Channel Division Head Adira Insurance Tomy Ferdiansyah mengatakan, proses pengklaiman asuransi kendaraan mobil ini pun dilakukan dalam waktu yang tergolong cepat, yakni dalam 1 x 24 jam.

Melalui fitur Traveloka Protect, menurutnya, diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam membeli layanan asuransi yang selama ini prosesnya dianggap rumit. "Dengan satu jari saja, kini pengguna sudah bisa membeli asuransi dengan cara yang mudah," ujar Tomy.

(Baca: Pahami Risiko Pay Later, Fitur Penggoda Milenial Berbelanja)

Tomy menjelaskan, produk asuransi yang ditawarkan perusahaan adalah Autocillin, di mana terdapat dua jenis jaminan utama, yaitu komprehensif dan total loss only (kerugian atau kerusakan total).

Dengan menggunakan Autocillin, Tomy melanjutkan, pengguna dapat memperoleh perlindungan berupa jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya yang menimpa kendaraan mereka.

Selain itu, Tomy mengatakan, pelanggan dapat memperluas jaminan dengan berbagai perlindungan seperti ganti rugi atas tuntutan pihak ketiga dan jaminan terhadap kematian atau cedera badan yang mengakibatkan cacat tetap. Ada pun produk ini juga menjamin biaya pengobatan terhadap pengemudi dan atau penumpang di dalam kendaraan yang dipertanggungkan apabila terjadi kecelakaan.

"Perlindungan lainnya juga mencakup jaminan jika terjadi angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, huru hara, dan kerusuhan," ujarnya.

Lewat Traveloka Protect, pengguna juga dapat menikmati berbagai fitur layanan, seperti Autocillin Mobile Claim Application, yakni sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan klaim, layanan pembaruan STNK. Lalu ada pula Autocillin Rescue yang meliputi mobil derek, ambulan, dan emergency road assistance.

Tomy menjelaskan, Autocillin juga memberikan jaminan ganti rugi terhadap kerusakan atau kehilangan barang pribadi yang terdapat di dalam kendaraan pelanggan. "Pelanggan juga dapat melakukan pengecekan mobil di Autocillin Garage, bengkel rekanan Adira Insurance yang telah terstandarisasi dengan jaminan same day repair untuk kerusakan 3-4 panel kendaraan," ujarnya.

(Baca: Traveloka Gelar Program Diskon Hingga 80% di Tiga Negara)

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan mobil ini, pengguna dapat membuka aplikasi Traveloka versi 3.14 ke atas. Lalu, memilih fitur Traveloka Protect dan layanan Asuransi Mobil. Isi informasi yang dibutuhkan terkait mobil pengguna, kemudian pilih rencana klaim asuransi.

Selanjutnya, unggah foto pengguna dan dokumen pendukung. Lalu selesaikan pembayaran. Barulah, pengguna mendapatkan persetujuan untuk menggunakan layanan tersebut.

Adapun fitur Traveloka Protect baru saja diluncurkan pada bulan lalu. Saat itu, pengguna hanya bisa mendapat perlindungan mulai dari kecelakaan dan pengobatan, keterlambatan dan pembatalan penerbangan hingga bagasi.

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan