Kisah Para Menteri Ditelepon Jokowi: Basah Kuyup hingga Gelagapan

Dimas Jarot Bayu
19 Oktober 2019, 09:59
jokowi, menteri, kabinet kerja, serba-serbi kabinet jokowi, eko putro sandjojo, tjahjo kumolo, basuki hadimuljono, retno marsudi, sri mulyani, tito karnavian, budi gunawan, kapolri, kepala bin
BIRO PERS KEPRESIDENAN
Para menteri anggota Kabinet Kerja I berfoto bersama Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10). Mereka melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap menghubungi para menteri di Kabinet Kerja secara mendadak. Telepon dari Jokowi seringkali berdering tak kenal waktu. Para menteri pun harus sigap mengangkat telepon dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Banyak cerita dan pengalaman menarik para menteri ketika ditelepon oleh Jokowi. Salah satunya dialami oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Menurut Eko, dirinya pernah dihubungi oleh Jokowi saat sedang mandi di pagi hari.

Mengetahui panggilan telepon tesebut dari Jokowi, mau tak mau Eko harus mengangkatnya. "Jadi masih basah kuyup, saya angkat itu," ujar Eko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10).

(Baca: Cerita Jokowi Kerap Telepon Menteri Tengah Malam)

Eko tak menjelaskan secara rinci apa yang dibahasnya saat dihubungi Jokowi. Hanya saja, politisi PKB itu menyebut Jokowi selalu berbicara dengan data dan angka. Menurut Eko, hal tersebut menunjukkan bahwa Jokowi merupakan sosok yang detail. "Tapi senangnya Pak Jokowi orangnya terukur," kata Eko.

Lain Eko, lain pula pengalaman yang dialami oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Tjahjo mengaku kerap kali ditelepon Jokowi secara tiba-tiba. Bahkan, panggilan telepon dari Jokowi bisa saja diterimanya saat malam hari.

Tjahjo pun sering panik ketika ada panggilan telepon dari Jokowi. Sebab, Tjahjo khawatir tak bisa menjawab pertanyaan dari Jokowi. "Kalau beliau telepon saya, itu pasti cukup gelagapan tuh. Apa nih yang akan ditanyakan?" kata Tjahjo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...