Ada Pelantikan Presiden & Wapres, Sebagian Rute TransJakarta Dialihkan

Penulis: Desy Setyowati

20/10/2019, 11.21 WIB

Ada 21 rute TransJakarta yang dialihkan. PT MRT Jakarta menutup sementara layanan di Stasiun Bendungan Hilir.

Ada 21 rute TransJakarta yang dialihkan karena ada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih
ANTARA FOTO/FANNY OCTAVIANUS
Ilustrasi, warga menunggu bus di Halte Bus Transjakarta Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019). Ada 21 rute TransJakarta yang dialihkan karena ada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

PT Transportasi Jakarta mengalihkan sejumlah rute perjalanan bus TransJakarta imbas rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung DPR/MPR hari ini (20/10). Pengalihan jalan itu dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Setidaknya ada 21 rute TransJakarta yang dialihkan. "Beberapa layanan TransJakarta mengalami pengalihan dan perpendekan rute untuk tetap melayani pelanggan," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo dalam siaran pers, Minggu (20/10).

Koridor 1 Blok M-Kota untuk sementara tidak melewati Halte Bank Indonesia (BI) dan Monas berlaku kedua arah. Rute 1A PIK-Balai Kota mengalami perpendekan rute menjadi PIK-Harmoni, karena ada penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

Koridor 2 Harmoni-Pulogadung untuk sementara tidak melewati Halte Monas sampai dengan Halte Gambir 2. Rute 6A Ragunan-Monas via Kuningan mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan-Tosari via Kuningan, karena ada penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

Rute 6B Ragunan-Monas via Semanggi saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan-Tosari via Semanggi. Koridor 9 Pinang Ranti-Pluit, arah Pluit, untuk sementara tidak melewati Halte Senayan JCC sampai dengan Halte Slipi Petamburan.

(Baca: Jelang Pelantikan Presiden, Ruas Jalan di Sekitar Istana & DPR Ditutup)

Rute 1B Tosari-Stasiun Palmerah tidak melewati Halte Senayan JCC sampai dengan DPR 2. Rute 1B Stasiun Palmerah-Tosari, selepas Stasiun Palmerah via Patal Senayan lanjut pelayanan normal sampai Tosari.

Lalu, rute 5A Kampung Melayu-Grogol tidak melewati Halte BI dan Halte Monas. Rute 7F Harmoni-Kampung Rambutan tidak melalui Halte Monas sampai Halte Gambir 2. Rute 1P Senen-Bundaran Senayan juga tidak berhenti di Atrium hingga Wisma Nusantara.

Rute 1P Bundaran Senayan-Senen tidak berhenti di Plaza Indonesia sampai Panti Perwira. Rute 8A Harmoni-Grogol pun tidak melewati Halte Juanda dan Halte Pecenongan

Kemudian, rute 1R Senen-Tanah Abang tidak berhenti di BNI Kramat sampai Wisma Mandiri. Rute T11 Bundaran Senayan-Poris Plawad sementara tidak melewati Halte Senayan JCC sampai Slipi Petamburan.

(Baca: Sebelum Pelantikan, Jokowi Terima Kunjungan Kehormatan 5 Tamu Negara)

Rute 5C PGC-Harmoni tidak melalui Halte Juanda dan Pecenongan. Rute S41 Pondok Cabe arah Tanah Abang, arah Tanah Abang, tidak melewati Istora Senayan hingga Museum Tekstil.

Lalu, rute 10H Blok M-Tanjung Priok tidak melalui Halte Senayan JCC hingga Halte Tarakan. Rute 4A TU Gas-Jelambar, arah Grogol, tidak melewati Halte Senayan JCC hingga Slipi Petamburan.

Rute DA4 Kota-MRT Dukuh Atas tidak berhenti di Monas 1 hingga BI. Lalu, rute DA4 MRT Dukuh Atas-Kota juga tidak berhenti di BI sampai Komplek Majapahit Permai

"Rekayasa layanan operasional Transjakarta hari ini akan kembali seperti semula sampai semua jalan yang ditutup oleh pihak Kepolisian dibuka kembali," kata Nadia.

(Baca: Foto: Berkemas-kemas Melantik Jokowi dan Ma’ruf Amin)

Selain TransJakarta, PT MRT Jakarta menutup layanan di Stasiun Bendungan Hilir yang berada di depan Gedung Intiland Tower. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan keamanan sarana dan prasarana MRT Jakarta serta untuk menjaga kenyamanan penumpang.

"PT MRT Jakarta menyampaikan bahwa akan diberlakukan penutupan sementara salah satu pintu masuk stasiun MRT Bendungan Hilir yang berada di depan Intiland Tower," kata Kepala Sekretaris Korporat MRT Jakarta Muhammad Kamaludin dalam keterangan pers.

Penutupan pintu Stasiun Benhil di depan Intiland tower diberlakukan hingga pemberitahuan selanjutnya dari PT MRT Jakarta. Lagipula, jalur masuk menuju stasiun MRT Bendungan Hilir lainnya yaitu stasiun di depan Gedung Sampoerna Strategic dan sisi Bendung Hilir tetap dibuka.

PT MRT Jakarta menghimbau penumpang untuk mengecek media sosial resmi MRT Jakarta terkait penutupan/pembukaan akses layanan selanjutnya.

(Baca: 18 Mercedes Benz Senilai Rp 1 Miliar Disewa untuk Pelantikan Jokowi)

 

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan