Jelang Umumkan Kabinet Baru, Jokowi Kumpulkan Pimpinan Parpol

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Yuliawati

20/10/2019, 20.09 WIB

Pertemuan dengan pimpinan parpol setelah agenda Jokowi menemui beberapa kunjungan kehormatan dari beberapa negara.

kabinet Jokowi-Maruf, parpol, menteri
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo (kanan), Ketua MPR Bambang Soesatyo (Tengah), dan Wakil Presiden periode 2014-2019 Jusuf Kalla disambut oleh anggota MPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta (20/10/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kabinet pemerintahan periode keduanya, besok Senin (21/10). Menjelang pengumuman kabinet, Jokowi masih disibukkan dengan pertemuan bersama para pimpinan partai politik. 

Pertemuan dengan pimpinan parpol ini setelah agenda Jokowi menemui beberapa kunjungan kehormatan dari beberapa negara. Setelah itu, Jokowi akan menemui para relawan.

Baru setelah itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mengadakan pertemuan dengan pimpinan parpol.  "Setelah itu ada pertemuan yang lain," ujar Jokowi.

Jokowi hanya tertawa ketika ditanya apakah pertemuan itu dengan pimpinan parpol.

(Baca: Jokowi Sebut 16 Menteri di Kabinet Periode Kedua dari Partai Politik)

Jokowi mengatakan akan memperkenalkan para menteri di kabinet periode keduanya pada Senin (21/10) pagi. “Setelah dikenalkan tentu akan segera dilantik. Bisa hari Senin, bisa hari Selasa, bisa hari Rabu,” kata Jokowi.

Usai pelantikan, Jokowi memilih tak merayakannya. Dia disibukkan dengan menerima tamu kehormatan, yakni Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan pada pukul 19.00 WIB. Kemudian, Jokowi akan menemui Wakil Presiden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh  pada pukul 19.20 WIB. Dilanjutkan pertemuan Jokowi dengan Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio pada pukul 19.40 WIB.

(Baca: Pelantikan Jokowi, Ucapan dan Harapan dari Presiden Pakistan dan Korea)

Setelah itu, Jokowi diagendakan bertemu dengan utusan khusus dari lima negara sahabat. Mereka antara lain Utusan Khusus Presiden Korea Selatan Noh Young-min, Utusan Khusus Filipina Theodoro Locsin Jr.

Lalu, Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Nakayama Norihiro, Utusan Khusus Presiden Uni  Emirat Arab Sheikh Nahyan Mabarak Al Nahyan, dan Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat Hon. Elaine L. Chao. Pertemuan dengan para utusan khusus negara sahabat itu bakal berlangsung sejak pukul 20.00 WIB.

(Baca: Jelang Pengumuman Kabinet Baru, Calon Menteri dari Parpol Mengerucut)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan