Jokowi Sebut 16 Menteri di Kabinet Periode Kedua dari Partai Politik

Dimas Jarot Bayu
20 Oktober 2019, 15:30
Jokowi mengatakan, ada sekitar 16 menteri di kabinet periode kedua yang berasal dari partai politik
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Jokowi mengatakan, ada sekitar 16 menteri di kabinet periode kedua yang berasal dari partai politik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, ada sekitar 16 menteri di kabinet periode kedua yang berasal dari partai politik. Hal ini sesuai dengan pernyataan Jokowi sebelumnya yang menyebutkan proporsi menteri dari politisi dan profesional sebesar 45:55.

Jika ada 34 kementerian di kabinet periode kedua, maka ada sekitar 15-16 posisi menteri yang dijabat oleh politisi. Selebihnya, akan diduduki oleh kalangan profesional.

“Ya kurang lebih (16 menteri berlatar politisi). Saya belum menghitung. Kurang lebih,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

Selain itu, Jokowi mengatakan akan ada banyak wajah baru di kabinet periode keduanya. “Masih banyak (yang petahana). Tetapi yang baru lebih banyak,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Bakal Umumkan Kabinet Kerja Jilid 2 Besok Pagi)

Meski demikian, Jokowi belum mau merinci ataupun memberikan petunjuk terkait kabinet periode keduanya. Ia hanya meminta masyarakat untuk bersabar.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...