Kementerian ESDM Minta Kontraktor Percepat Produksi Migas

Image title
21 Oktober 2019, 17:55
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin (Katadata)
Logo, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kementerian ESDM meminta kontraktor mempecepat produksi migas.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berusaha meningkatkan produksi migas nasional. Caranya dengan meminta Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) segera mengerjakan blok migas yang telah mendapatkan persetujuan rencana pengembangan (PoD). 

Plt Dirjen Migas Djoko Siswanto mengatakan pemerintah telah memberikan beberapa penyederhanaan regulasi untuk mempercepat kegiatan operasi hulu migas. Salah satunya melalui skema gross split.

“Kalau tidak ekonomis, tidak dikerjakan, pindah ke gross split, lalu minta diskresi, langsung selesai kok,” ujar Djoko dalam diskusi di Jakarta, Senin (21/10).

Lebih lanjut Djoko menyebut pengelolaan lapangan-lapangan tua akan diserahkan kepada Pertamina. Dia yakin upaya itu dapat mempercepat peningkatkan produksi migas.

Nantinya, perusahaan plat merah tersebut dapat mencari mitra dalam pengembangan lapangan  migas yang sudah tua.“Tidak usah negosiasi, diberi kewenangan saja untuk investor kerja sama. Tapi dari pemerintah, kami sedang proses supaya mereka tidak mengebor sembarang tempat,” kata Djoko.

(Baca: Baru 57% dari Target, Investasi Hulu Migas hingga September US$ 8,4 M)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...