Kurs Rupiah Kuat Jelang Pengumuman Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Agatha Olivia Victoria
21 Oktober 2019, 10:21
rupiah, nilai tukar rupiah, kurs rupiah, kurs dolar, kabinet baru jokowi, Kabinet Jokowi maruf
Arief Kamaludin|KATADATA

Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada pembukaan perdagangan Senin, 21 Oktober 2019. Penguatan terjadi di tengah pasar yang menantikan pengumuman kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Berdasarkan data Bloomberg, mata uang Garuda dibuka pada level Rp 14.127 per dolar AS atau naik 0,14% dibanding penutupan Jumat pekan lalu. Hingga saat berita ini ditulis, rupiah masih tetap kuat. Rupiah menguat bersama mayoritas mata uang Asia lainnya.

Direktur Riset Center Of Reform on Economics Pieter Abdullah Redjalam melihat kondisi pasar mixed. Dari sisi domestik, masyarakat masih menantikan susunan kabinet baru Jokowi. "Pasar masih menahan diri karena menunggu pengumuman ini," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (21/10).

(Baca: Nadiem, Erick Thohir, Mahfud, dan Lutfi Disebut Masuk Kabinet Jokowi)

Penguatan nilai tukar rupiah yang terjadi pada pembukaan perdagangan awal pekan ini, kata dia, terbantu oleh lancarnya pelantikan Jokowi-Maruf, kemarin. "Lancarnya pelantikan presiden memberi harapan baru kepada perekonomian Indonesia," ujarnya.

Adapun berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) per September lalu, investor institusi menginginkan orang-orang yang lebih berpengalaman dalam tim ekonomi Jokowi-Maruf. Dari 272 investor institusi yang menjadi responden, sebanyak 62% menginginkan tim ekonomi diisi oleh orang-orang yang telah berusia 41-50 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...