Nadiem Calon Menteri, Gojek: Visi Pendiri Startup Lokal Diakui

Desy Setyowati
21 Oktober 2019, 15:47
Gojek menilai, Nadiem yang ditunjuk sebagai calon menteri merupakan pengakuan bangsa terhadap visi pendiri startup lokal.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Salah satu pendiri yang juga CEO gojek Nadiem Makarim (tengah) meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Gojek menilai, Nadiem yang ditunjuk sebagai calon menteri merupakan pengakuan bangsa terhadap visi pendiri startup lokal.

Pendiri Gojek Nadiem Makarim menerima tawaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi menteri dalam kabinet baru. Gojek menilai, hal ini menunjukkan bahwa visi pendiri startup lokal mendapat pengakuan bangsa.

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengklaim, hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. “Di mana visi seorang pendiri startup lokal mendapat pengakuan dan dijadikan contoh untuk pembangunan bangsa,” kata dia dalam keterangan pers, Senin (21/10).

Ia optimistis, Nadiem bakal membawa Indonesia maju ke panggung dunia. “Gojek menghormati proses yang sedang berlangsung dan tidak akan memberikan komentar lebih jauh sebelum ada pemberitahuan resmi dari pihak Istana,” kata Nila.

Saat ini, Gojek telah menunjuk Presiden Gojek Grup Andre Soelistyo dan Co-founder Gojek Kevin Aluwi untuk menggantikan Nadiem. “Mereka akan berbagi tanggung jawab untuk menjalankan perusahaan sebagai co-CEO, dengan fokus membawa perusahaan ke tahap selanjutnya,” kata dia.

(Baca: Nadiem Masuk Kabinet Baru Jokowi, Gojek Tunjuk Penggantinya)

Namun, tanggapan berbeda disampaikan oleh para pengemudi ojek online yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua (Garda). Ketua Presidium Garda Igun Wicaksono mengatakan, mitra pengemudi menilai pendapatan belum memuaskan. Karena itu, mereka berencana demonstrasi di Istana Negara, jika Jokowi mengangkat Nadiem sebagai menteri.

Para pengemudi ojek online yang beroperasi di sebagian Sumatera dan Jawa pun siap berunjuk rasa di Istana Negara. “Yang akan didemo ya nanti pihak Istana. Presiden Jokowi yang akan didemo para driver ojek online karena menunjuk Nadiem,” kata dia kepada Katadata.co.id.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...