Pengemudi Ojek Online Ancam Demo di Istana jika Nadiem Jadi Menteri

Desy Setyowati
21 Oktober 2019, 15:03
Pengemudi ojek online ancam unjuk rasa di Istana jika Jokowi menangkat Nadiem sebagai menteri
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, sejumlah pengemudi ojek berdemo di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/3/2018). Pengemudi ojek online ancam unjuk rasa di Istana jika Jokowi menangkat Nadiem sebagai menteri.

Para pengemudi ojek online mengancam bakal berunjuk rasa di Istana Negara jika Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengangkat Nadiem Makarim sebagai menteri atau masuk kabinet. Sebab, mereka menilai pendiri Gojek tersebut belum mampu meningkatkan pendapatan para mitranya.

Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono menjelaskan, para pengemudi ojek online yang beroperasi di sebagian Sumatera dan Jawa siap berunjuk rasa di Istana Negara. “Yang akan didemo ya nanti pihak Istana. Presiden Jokowi yang akan didemo para driver ojek online karena menunjuk Nadiem,” kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (21/10).

Advertisement

Namun, dia belum bisa memberi tahu kapan unjuk rasa bakal dilakukan, karena masih konsolidasi. Igun hanya menjelaskan bahwa para pengemudi ojek online di Lampung, Palembang, Jawa Barat dan Jawa Tengah siap ke DKI Jakarta untuk demonstrasi.

(Baca: Profil Nadiem Makarim, Pendiri Gojek Yang Jadi Calon Menteri Jokowi)

Ia mengatakan, mitra pengemudi Gojek merasa pendapatannya belum cukup baik. “Selama memegang Gojek saja, Nadiem belum bisa mengendalikan manajemennya supaya para mitranya bisa sejahtera dengana pendapatan yang bisa dibilang membuat senang. Jadi kami tidak setuju kalau Nadiem menjadi menteri,” katanya.

Di satu sisi, ia merasa para mitra pengemudi ikut berperan membesarkan nama Nadiem dan Gojek. Karena itu, ia meminta agar Nadiem meningkatkan pendapatan para mitranya terlebih dulu baru menjadi menteri.

“Apa keinginan para mitra? Itu saja diurus dulu. Kalau sudah seperti itu, mungkin nanti Pak Nadiem silahkan untuk bisa melayani rakyat Indonesia sebagai menteri,” kata Igun.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement