Prabowo Hingga Nadiem ke Istana, Rupiah Paling Perkasa di ASEAN

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Agustiyanti

21/10/2019, 17.06 WIB

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini menguat 0,47% ke level Rp 14.080 per dolar AS di tengah kabar calon-calon menteri kabinet pemerintahan Jokowi.

rupiah, dolar as
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ilustrasi. Penguatan rupiah antara lain ditopang sentimen domestik berupa daftar calon menteri yang bakal mengisi kabinet pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini, Senin (21/10) menguat 0,47% ke level Rp 14.080 per dolar AS. Penguatan rupiah antara lain ditopang sentimen domestik berupa daftar calon menteri yang bakal mengisi kabinet pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor) juga menempatkan rupiah menguat dari posisi akhir pekan lalu Rp 14.140 per dolar AS ke posisi Rp 14.132 per dolar AS hari ini. 

Mengutip Bloomberg, mayoritas mata uang Asia menguat terhadap dolar AS.  Rupiah memimpin penguatan terhadap dolar AS di ASEAN atau kedua kedua di antara mata uang Asia, setelah won Korea yang melesat 0,8% terhadap dolar AS.

Adapun peso Filipina menguat 0,47%, dolar Singapura 0,23%, ringgit Malaysia 0,11%, dong Vietnam 0,01%, dan riel Kamboja 0,33%. Kemudian yuan Tingkok menguat 0,12%, ringgit India 0,03%, dolar Hong Kong 0,01%, dan dolar Taiwan 0,08%.

Sementara baht Thailand dan kyat Myanmar masing-masing melemah 0,05% dan 0,03%, kemudian yen Jepang turun 0,11%.

(Baca: Jelang Pengumuman Kabinet, Prabowo dan Edhy Prabowo Sambangi Istana)

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pasar hari ini menunggu pelantikan para menteri. "Terutama para menteri yang akan menduduki pos-pos cukup vital yang membidangi masalah ekonomi," kata Ibrahim kepada Katadata.co.id.

Menurut Ibrahim, pasar masih bereaksi positif terhadap pernyataan presiden yang mengungkapkan akan banyak menteri baru dalam susunan kabinet periode keduanya. Menteri-menteri professional disebut berjumlah hingga 50% yang berada di luar partai politik. 

Selain itu, Ibrahim menilai pidato Jokowi juga mendorong optimisme pasar bahwa ekonomi Indonesia dapat bergerak jauh lebih baik. Pidato Jokowi usai pelantikan di gedung DPR/MPR antara lain menitikberatkan pada peningkatan SDM dan reformasi birokrasi.

Jokowi dalam pidato itu juga optimistis PDB Indonesia dapat mencapai US$7 triliun pada 2045 dan masuk lima besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati 0%.

(Baca: Pihak Istana Sebut Baru 5 Calon Menteri yang Dipanggil Presiden Jokowi)

Sementara dari sisi eksternal, penguatan rupiah terbantu melemahnya mata uang Negeri Paman Sam. Saat berita ini ditulis, indeks dolar AS terpantau turun 0,08% ke level 97.20.

Ibrahim menyebut, dolar AS melemah akibat sentimen Brexit, perang dagang, dan rilis data ekspor Jepang yang melemah. "Dalam perdagangan besok rupiah masih akan menguat di level Rp 14.050 - Rp 14.115 per dolar AS," tutupnya.

Sebelumnya, Mahfud MD mengatakan anggota kabinet baru pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan dilantik hari Rabu (23/10) pagi. Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu sekaligus memastikan dirinya menjadi menteri usai dipanggil Jokowi di Istana Kepresidenan.

Selain Mahfud, sejumlah tokoh juga menyambangi istana dan memastikan memperoleh posisi di kabinet pemerintah periode kedua. Tokoh-tokoh tersebut antara lain, mantan CEO Gojek Nadiem Makarim, Komisaris Utama Net Mediatama Televisi Wishnutama, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir,  Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan mantan Aktivisi 1998, Fadjroel Rahman.

Selain itu, Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo juga menyambangi Istana Negara sore ini untuk menemu Jokowi meski belum mau berkomentar banyak. Keduanya juga dikabarkan bakal mengisi posisi menteri di kabinet pemerintahan kedua Jokowi.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan