Usai Dilantik, Ma'ruf Bertemu 3 Wapres Bicarakan Penguatan Kerja Sama

Penulis: Martha Ruth Thertina

21/10/2019, 08.47 WIB

Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan wakil presiden dari tiga negara yaitu Tiongkok, Vietnam dan Myanmar.

Maruf Amin, Program Kerja Jokowi, Program Kerja Jokowi Amin
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan kepada wartawan usai upacara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan wakil presiden dari tiga negara yaitu Tiongkok, Vietnam dan Myanmar di Istana Wakil Presiden Jakarta, Minggu malam, 20 Oktober 2019. Pertemuan tersebut membahas upaya peningkatan kerja sama antarnegara.

"Mereka ingin berkenalan sekaligus mereka menyampaikan salam dari pemerintahnya. Dan yang penting meningkatkan kerja sama persahabatan di bidang pendidikan, sumber daya manusia dan investasi," kata Ma’ruf usai pertemuan tersebut.

(Baca: Video: Lima Prioritas Kerja Jokowi-Ma’ruf)

Ia mengatakan, pertemuan bilateral tersebut penting. Dalam pertemuan dengan Wapres China Wang Qishan, dibahas tentang upaya penguatan kerja sama di bidang pendidikan formal dan vokasi. Penguatan kerja sama ini sejalan dengan program kerja pemerintahan lima tahun ke depan.

"Memang Pak Jokowi menyampaikan dalam pidato pelantikan tadi akan memperbesar investasi, memprioritaskan sumber daya manusia dan meneruskan pembangunan infrastruktur," ujarnya.

(Baca: Dinilai Hanya Fokus pada Isu Ekonomi, Program Kerja Jokowi Disorot)

Ma’ruf menerima kunjungan dari Wang Qishan pada pukul 19.30 WIB. Selanjutnya, ia menerima kunjungan Wapres Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh, dan terakhir Wapres Myanmar Henry Van Thio.

Hari ini, Ma’ruf dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, untuk mewakili Jokowi menghadiri acara Penobatan Kaisar Jepang Naruhito. Ma’ruf dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Selasa, 22 Oktober 2019.

(Baca: Ini Nama Calon Menteri yang Berpeluang Diumumkan Jokowi )

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha