Ada Holding BUMN Farmasi, Bagaimana Nasib Kimia Farma dan Indofarma?

Image title
22 Oktober 2019, 18:00
Holding BUMN farmasi terbentuk bagaiman nasib Kimia Farma dan Indofarma?
KATADATA
Ilustrasi obat. Holding BUMN farmasi terbentuk bagaiman nasib Kimia Farma dan Indofarma?

Holding farmasi milik Badan Usaha Milik Negar (BUMN) dinilai berdampak positif terhadap kinerja PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Indofarma Tbk (INAF). Sebab, kedua perusahaan itu memiliki pasar bisnis yang berbeda.

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, perbedaan bisnis KAEF dan INAF bisa memperluas pangsa pasar holding BUMN farmasi. "Ini menjadi hal yang bagus. Apabila digabungkan tentu dari sisi market share akan jadi lebih besar," kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (22/10).

Advertisement

Sekretaris Perusahaan Indofarma Arie Genipa Suhendi berharap, kehadiran holding BUMN farmasi menjadi nilai tambah bagi perusahaan dan anggotanya. Ia memastikan akan ada peningkatan pelayanan yang signifikan bagi konsumen, dengan adanya holding ini.

Ia menilai, KAEF dan INAF akan membagi arah bisnis masing-masing. Keduanya juga bakal menyesuaikan keunggulan layanan sesuai tujuan holding.

(Baca: Siapkan Pembentukan Holding BUMN Farmasi, Kimia Farma Ganti Dirut)

INAF akan berfokus pada alat kesehatan dan natural extract. Perusahaan ini juga bakal mengembangkan bisnis obat-obatan sesuai tren penyakit yang berkembang, sepertid diabetes, jantung, kanker, dan stroke.

"Produk INAF akan menyesuaikan penyakit yang berkembang di masyarakat, salah satunya adalah penyakit degeneratif yang timbul akibat gaya hidup atau perilaku yang tidak sehat," kata dia.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement