RI Jadi Ekonomi Besar Dunia, Chatib Basri Ingatkan soal Produktivitas

Agatha Olivia Victoria
22 Oktober 2019, 07:58
Ekonom Senior Universitas Indonesai Chatib Basri menyebut Indonesia berpeluang masuk dalam jajaran 10 besar ekonomi dunia pada 2045. Namun, ia mengingatkan soal pentingnya produktivitas ekonomi.
Donang Wahyu | KATADATA
Ekonom Senior Universitas Indonesai Chatib Basri menyebut Indonesia berpeluang masuk dalam jajaran 10 besar ekonomi dunia pada 2045. Namun, ia mengingatkan soal pentingnya produktivitas ekonomi.

Ekonom Senior Universitas Indonesai Chatib Basri menyebut Indonesia berpeluang masuk dalam jajaran 10 besar ekonomi dunia pada 2045 atau usia 100 tahun kemerdekaan. Ini salah satunya disebabkan oleh jumlah penduduk Indonesia yang besar. Kendati demikian, ia juga mengingatkan tentang masalah produktivitas sebagai faktor penting penopang pertumbuhan ekonomi

Berdasarkan survei penduduk antar sensus (Supas) 2015, jumlah penduduk Indonesia pada 2019 diproyeksikan mencapai 266,91 juta jiwa. Menurut jenis kelamin, angka itu terdiri dari 134 juta jiwa laki-laki dan 132,89 juta jiwa perempuan.

Indonesia saat ini sedang menikmati masa bonus demografi, yang mana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dari usia tidak produktif. Jumlahnya, bisa 68% lebih dari total populasi. 

"Karena kita banyak penduduk. Jadi kalau dia tidak melakukan apa-apa saja ya tetap ekonominya berjalan," kata Chatib dalam acara peluncuran buku di Museum Nasional, Jakarta, Senin (21/10).

(Baca: IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global, Bagaimana Prospek RI?)

Meski begitu, ia mengatakan Indonesia tetap membutuhkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. "Ya kan kita tidak mau pertumbuhan ekonomi hanya di  5% saja, kita butuh pertumbuhan jauh lebih tinggi," ucap dia.

Hanya saja, pertumbuhan ekonomi menurutnya  mustahil bisa tercapai jika tak disertai dengan peningkatan produktivitas. Terlebih jika konsolidasi sektor keuangan, industrialisasi hingga persoalan energi tak segera dibereskan. 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...