Calon Menteri Berdatangan ke Istana, Muhadjir Effendy dan Retno Muncul

Dimas Jarot Bayu
23 Oktober 2019, 08:39
Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam acara Musrenbangnas 2019 di hotel Shangri - La, Jakarta Pusat (9/5).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2016-2019 kembali muncul jelang pengumuman kabinet baru, Namanya tak muncul saat Presiden Jokowi memanngil calon menteri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumumkan dan melantik menteri di kabinet periode keduanya pada Rabu (23/10). Sejumlah calon anggota kabinet pun sudah tampak hadir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada pagi ini.

Berdasarkan pantauan Katadata,co,id hingga pukul 07.30 WIB telah hadir, antara lain Prabowo Subianto, Yasonna H Laoly, Siti Nurbaya Bakar, Syahrul Yasin Limpo. Ada pula Budi Karya Sumari, Sri Mulyani, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, dan Erick Thohir.

Selain itu, ada pula eks Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; istri mantan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, I Gusti Ayu Bintang Darmawati; dan bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Ketiganya tak hadir selama dua hari lalu saat Jokowi memanggil para calon menteri.

Rencananya, Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan memperkenalkan para menteri terbarunya pada pukul 08.30 WIB. Selanjutnya, Jokowi dan Ma’ruf bakal melantik mereka pukul 10.30 WIB.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya menyiapkan kemeja putih baru untuk pengumuman dan pelantikan nanti. “Akan dipakai oleh calon menteri,” kata Heru.

(Baca: Jokowi Beri Parpol Jatah 16 Menteri, PDIP Paling Banyak)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...