Dipilih Jokowi Jadi Mendikbud, Nadiem: Saya Lebih Mengerti Masa Depan

Dimas Jarot Bayu
23 Oktober 2019, 14:20
Nadiem makarim, gojek, mendikbud
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Nadiem Makarim dilantik Presiden Joko Widodo sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan pada Rabu (23/10).

Pendiri Gojek Nadiem Makarim dilantik Presiden Joko Widodo sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan. Usai dilantik, ia pun menjelaskan mengapa dipilih meski tak memiliki latar belakang di bidang pendidikan. 

"Alasan kenapa saya terpilih walaupun bukan dari sektor pendidikan adalah saya lebih mengerti apa yang akan ada di masa depan, karena bisnis saya di bidang masa depan, mengantisipasi masa depan," ujar Nadiem di Jakarta, Rabu (23/1).

Nadiem mengaku berat hati meninggalkan Gojek, bisnis yang dirintisnya sejak awal. Namun, ia merasa tertantang  untuk memperbaiki pendidikan di Tanah Air agar mampu beradaptasi lebih cepat terhadap perubahan. 

(Baca: Tiga Kementerian Baru dalam Kabinet Jokowi Periode Kedua)

Menurut Nadiem, sistem pendidikan di Indonesia dalam 20-30 tahun terakhir tak banyak berubah. Meski demikian, ia mengapresiasi kinerja menteri pendidikan sebelumnya,  Muhadjir Effendy yang melakukan sejumlah terobosan. 

Ke depan, pria kelahiran 1984 ini berkeinginan agar sistem pendidikan di Indonesia berbasis kompetensi dan karakter. Sistem pendidikan, menurut dia, perlu menyesuaikan perubahan dan dapat terhubung dengan kebutuhan industri dan perekonomian.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...