Jadi Menkeu Periode ke-2, Sri Mulyani Fokus pada Efektivitas Belanja

Agatha Olivia Victoria
23 Oktober 2019, 21:05
Menkeu: Sri Mulyani di halaman Istana Merdeka, Jakarta Puaat (23/10/2019). Hari ini presiden Joko Widodo mengumum para calon Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri Periode Tahun 2019-2024.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menkeu: Sri Mulyani di halaman Istana Merdeka, Jakarta Puaat (23/10/2019). Hari ini presiden Joko Widodo mengumum para calon Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri Periode Tahun 2019-2024. Kembali menjabat sebagai Menkeu, Sri Mulyani akan fokus untuk meningkatkan efektivitas belanja kementerian dan lembaga.

Sri Mulyani Indrawati resmi kembali menjabat Menteri Keuangan (Menkeu) periode 2019-2024. Usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menkeu langsung menuju Kementerian Keuangan untuk melakukan serah terima memori jabatan.

Acara ini turut dihadiri suami Sri Mulyani, Tonny Sumartono, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah, Wakil Menteri Keuangan periode 2014-2019 Mardiasmo, serta jajaran eselon Kementerian.

Advertisement

Usai acara, Sri Mulyani mengingatkan kembali tantangan ekonomi ke depan semakin sulit. Tantangan tersebut datang dari dalam negeri maupun global yang menuntut Indonesia harus mampu untuk terus menggunakan instrumen kebijakan dan seluruh sumber daya yang ada agar terhindar dari risiko perlambatan ekonomi global.

"Dalam jangka pendek, eksekusi dari belanja sampai akhir tahun harus tetap berjalan sesuai dengan program dan prioritasnya," ujar Sri Mulyani di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Rabu (23/10).

(Baca: Defisit Anggaran Berpotensi Membengkak, Sri Mulyani Terbitkan PMK)

Maka dari itu, pihaknya akan menyiapkan instrumen kebijakan fiskal yang lebih baik lagi. Peningkatan instrumen fiskal juga sangat diperlukan dalam mendorong kebijakan pembangunan infrastruktur secara berkelanjutan.

Dalam menjawab tantangan seperti kondisi global yang tak pasti, Sri Mulyani menilai perbaikan kualitas kinerja birokrasi masih harus diperbaiki. "Dari sisi efisiensi, efektivitas, simplifikasi kepastian itu semuanya masih perlu untuk ditingkatkan," ucap dia.

Maka dari itu, dia mengatakan bahwa Kemenkeu akan terus mendorong para kementerian dan lembaga untuk lebih terus bekerja dengan anggaran yang efisien. Ia pun turut menyinggung beberapa kementerian yang memiliki nomenklatur baru dalam periode ini.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement