Jokowi Effect Dongkrak IHSG Naik Sembilan Hari Berturut-turut

Happy Fajrian
23 Oktober 2019, 18:39
ihsg hari ini, ihsg, kabinet jokowi maruf, saham bumn
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup naik 0,52% ke posisi 6.257,81 pada akhir perdagangan hari ini, Rabu (23/10). Rata-rata saham BUMN ditutup lebih tinggi menyambut Menteri BUMN yang baru Erick Thohir.

Setelah lebih banyak melaju di zona merah pada sesi I, indeks harga saham gabungan (IHSG) berbalik naik pada sesi II hari ini, Rabu (23/10), hingga ditutup pada level 6.257,81; naik 32,31 poin atau 0,52% dibandingakn posisi penutupan sebelumnya.

Dengan demikian, IHSG memperpanjang reli kenaikannya menjadi sembilan hari perdagangan secara berturut-turut. Dalam sembilan hari perdagangan tersebut, IHSG melesat dari posisi 6.023,64 pada Kamis (10/10) ke posisi hari ini sebesar 243,17 poin atau 3,89%.

Kinerja IHSG pun menjadi yang terbaik di antara bursa Asia lainnya, yang walaupun juga dalam tren kenaikan, namun dalam rentang waktu sembilan hari terakhir bergerak cukup fluktuatif.

Pada perdagangan hari ini misalnya, mayoritas bursa saham Asia berakhir lebih rendah. Indeks Strait Times turun 0,52%, Shanghai turun 0,43%, Hang Seng turun 0,82%, dan Kospi turun 0,39%. Sementara Nikkei sejalan dengan IHSG, naik 0,34%.

(Baca: Pengumuman Kabinet Baru Tak Berefek Positif ke Bursa, IHSG Turun 0,28%)

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan bahwa kinerja IHSG hari ini didukung optimisme pasar yang kuat pasca-pengumuman kabinet baru Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"IHSG ditutup menguat (naik) didukung optimisme pasca-pengumuman menteri pada kabinet baru yang mendorong investor menjadi lebih agresif masuk ke pasar saham," ujarnya kepada Katadata.co.id, Rabu (23/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...