Pidato Sertijab, Johnny Plate Salah Sebut Nama Kementeriannya

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Agustiyanti

23/10/2019, 16.05 WIB

Rudiantara resmi menyerahkan jabatannya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) kepada Johnny G Plate, Rabu (23/10) siang.

johnny plate, menkominfo
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Rudiantara telah resmi menyerahkan jabatannya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) kepada Johnny G Plate, Rabu (23/10) siang.

Rudiantara resmi menyerahkan jabatannya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) kepada Johnny G Plate, Rabu (23/10) siang. Dalam pidato serah terima jabatan (sertijab) tersebut, Johnny sempat salah menyebutkan nama kementerian yang bakal dipimpinnya itu. 

"Yang terhormat Chief Rudiantara, eselon, dan pejabat keluarga besar Kementerian Komunikasi dan Informasi," ujar Johnny dalam acara Sertijab di kantor Kominfo, Rabu (23/10) siang.

Sontak, audiens yang mendengarnya pun langsung ribut mengomentari. "Informatika!," ujar beberapa audiens.

Namun, Rudiantara yang berada di sampingnya langsung membela Johnny. "Tenang, (beliau) baru dilantik beberapa jam yang lalu," ujarnya.

Johnny kemudian melanjutkan kembali sambutannya. Ia mengatakan, kabinet pemerintahan saat ini merupakan lanjutan dari pemerintahan sebelumnya. Dengan demikian, program-program yang sudah dibangun, termasuk dibidang komunikasi dan informatika akan dilanjutkan.

"Jadi tidak perlu ditanya (apa) program 100 atau 1.000 hari. Tapi kontinuitas program yang sudah dibangun ini harus ditindaklanjuti dan mana hal-hal yang perlu dilakukan penyesuaian (ke depan)," kata dia.

(Baca: Asosiasi E-Commerce Tanggapi Kabar Bisnis Digital Diurus Johnny Plate)

Menurut Johnny, Kominfo terdiri dari dua bagian yang perannya harus dilakukan secara berimbang. Pertama, fungsi komunikasi. Kominfo, menurut dia, berperan sebagai perantara pesan atas kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

"(Fungsi komunikasi) ini sangat dibutuhkan agar rakyat tahu arah gerak pemerintah. Supaya mereka bisa ambil langsung peran di dalamnya, bukan hanya sebagai penonton. Jangan sampai rakyat tidak tahu gerak langkah pembangunan dan capaian pemerintah," kata dia.

Kedua, terkait platfrom digital. Johnny menilai, sudah banyak capaian yang telah dikembangkan dari pemerintah di periode sebelumnya. Meski demikian, menurutnya, masih ada beberapa titik kosong yang perlu ditindaklanjuti oleh dirinya sebagai Menkominfo yang baru.

"Jangan sampai infrastruktur besar yang sudah kita bangun tapi tidak bisa secara optimal digunakan oleh warga masyaraskat dan bangsa kita. Saya bukan dari latar belakang informatika, tapi saya berharap untuk mentransmisikan kebijakan presiden di kementerian," kata dia. 

(Baca: Jokowi Resmi Melantik Para Menteri Kabinet Indonesia Maju)

Selain itu, menurut dia, payung hukum terkait perlindungan data juga menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.  "Baik itu data-data pribadi, maupun gabungan bank data nasional, dengan best practice yang ada maupun berlaku di negara-negara lain. Di bidang informatika, digital, borderless, itu sudah tidak terhindarkan lagi," ujarnya.

Sebagai Menkominfo, Johnny mengatakan bakal ambil bagian dalam membantu Jokowi mencapai cita-cita pemerintah yang disampaikan saat pelantikan di MPR beberapa hari lalu. Jokowi antara lain ingin mendorong Indonesia menjadi negara dengan Produk Domestik Brutto (PDB) nasional sebesar US$ 7 triliun. Hal itu, salah satunya akan diwujudkan dengan mempermudah investasi di Indonesia.

"Beliau ingin  Indonesia menjadi negara 5 besar GDP (Gross Domestic Product)  dengan penghasilan masyarakat Rp 27 juta per bulan. Semua langkah-langkah (untuk mencapai) itu perlu diambil dan Kominfo harus mengambil bagian dari target tersebut," jelas dia. 

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan