Sering Ngopi Bareng, Susi Pudjiastuti Senang Edhy Jadi Menteri KKP

Rizky Alika
23 Oktober 2019, 16:41
Susi Pudjiastuti, Edhy Prabowo
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, menyampaikan sambutan dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Rabu (23/10/2019). Edhy yang merupakan politisi Partai Gerindra menggantikan Susi pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Susi Pudjiastuti mengaku sangat senang Edhy Prabowo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) periode 2019-2024. Pasalnya, sosok Edhy sudah tidak asing baginya karena kerap minum kopi bersama. 

Dalam beberapa bulan sekali, Susi juga bertemu Edhy dalam rapat kerja dengan DPR RI. Edhy memang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR RI yang membawahi KKP.

“Kami Whatsapp-an dan kadang ngopi bareng. Jadi Edhy tidak asing lagi,” kata Susi di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (23/10).

Menurutnya, Edhy telah mengenal Eselon I, II, dan III di KKP.  Ia juga mengetahui kelebihan dan kekurangan KKP.  “Semua sudah terbiasa ketemu Pak Edhy,” ujar dia.

(Baca: Serah Terima Jabatan, Susi Pudjiastuti Genggam Tangan Edhy Prabowo)

Ia pun menyebut KKP telah menjadi cinta dan hidupnya selama lima tahun. Susi bahkan mengenang saat  pertama kali diangkat sebagai menteri oleh Presiden Joko Widodo. Saat itu, Jokowi mengatakan Susi akan menjadi menteri dengan banyak terobosan.

“Jadinya saya terobos semuanya,” katanya.

Makanya ia berpesan kepada Edhy agar meneruskan program yang baik. Salah satunya terkait pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) No.44 tahun 2016 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal. Aturan tersebut mengatur usaha penangkapan ikan tertutup untuk asing.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...