Indonesia Properti Expo 2019 Dukung Pemerintah Tingkatkan Pasar

Penulis: Tim Publikasi Katadata

24/10/2019, 15.13 WIB

Indonesia Properti Expo (IPEX) akan kembali dihelat pada 16-24 November 2019 di Hall A & B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

IPEX
Katadata

Indonesia Properti Expo (IPEX) akan kembali dihelat pada 16-24 November 2019 di Hall A & B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Perhelatan ke-37 ini menargetkan 250 ribu pengunjung dengan transaksi kredit kepemilkan rumah (KPR) mencapai Rp 5 triliun. Target kunjungan ini lebih tinggi dari perolehan dalam pameran pada Juli lalu sebesar 209 ribu orang.  

 

PT Adhouse Clarion Events, penyelenggara IPEX, optimistis pameran dapat membantu kenaikan pasar  properti yang sempat lesu selama beberapa waktu terakhir.

 

“Kami optimistis acara kali ini bisa menjadi titik balik perkembangan pasar properti. Acara ini akan  diramaikan oleh banyak pengembang properti, mulai dari perumahan subsidi, apartemen hingga perumahan eksklusif, seperti Metropolitan Land, Rancamaya, dan Riscon” ujar Gad Permata, Vice President PT Adhouse Clarion Events.

 

Gad menambahkan pameran akan menghadirkan 73 pseserta pengembang. “Nanti ada 500 proyek yang bisa dilihat langsung oleh pengunjung, termasuk 55 proyek bersbsusidi,” tambahnya.

 

Arvin F. Iskandar, Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Daerah Realestat Indonesia (DPD REI) Jakarta, mengatakan selama ini pameran 2019 menjadi titik balik dari perubahan nasib pasar properti. “Setelah ada pemilhan presiden ini ada kenaikan, apalagi di landed residential,  kami melihat ada kenaikan walaupun sedikit,” lanjut Arvin dalam keterangan pers di Jakarta.  

 

Berkembangnya fasilitas KPR dengan turunnya suku bunga dan bertambahnya jumlah pengembang subsidi, menjadi energi tambahan bagi industri ini dan diprediksi dapat menjadi pilihan baru bagi para target industri dan pengembang.

“Kenaikan harga di pasar sebesar 0,4 persen dan realisasi penjualan yang meningkat 20 persen dalam sektor perumahan mengindikasikan bahwa penyerapan pasar cukup baik dan akan terus  membaik hingga beberapa waktu ke depan,” tambah Arvin.

 

Terlebih, Arvin menambahkan, selama ini dalam setiap (IPEX) dampaknya selalu positif. “Apalagi official sponsor kami tetap Bank BTN yang luar biasa programnya,” katanya.

 

IPEX 2019 mendapat dukungan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan PT Bank Tabungan Negara (Pesero) Tbk. atau BTN sebagai official bank partner.

 

Direktur Layanan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Drs H. Agusny Gunawan, berharap penyelenggaraan pameran seperti Indonesia Properti Expo ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah, karena pada kegiatan ini hadir 35 pengembang subsidi dengan total proyek sebanyak 55 proyek yang turut membantu perkembangan pasar properti lewat edukasi satu tempat mengenai penyediaan properti.

 

Sebagai informasi, dari tahun 2010 hingga 2019 pemerintah telah menyalurkan 644.067  unit rumah atau setara dengan Rp 43.21 triliun. Selain itu, banyak pilihan yang tersaji dalam satu tempat, membuat para calon pemilik properti dapat membandingkan langsung dengan lebih mudah dan disesuaikan dengan kebutuhan, serta kemampuan.

 

“Dengan semakin meningkatnya minat MBR dalam memiliki rumah, artinya peluang pengembang untuk membangun rumah subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan semakin terbuka lebar,” kata Agusny.

 

Bank BTN, sebagai official bank partner dari Indonesia Properti Expo, juga optimistis perkembangan pasar properti akan dimulai dari sekarang. Pasalnya, pengembang-pengembang didukung, sejalan dengan pembangunan negara, baik secara infrastruktur maupun sumber daya edukasi. Indonesia Properti Expo merupakan salah satu bagian upaya edukasi untuk masyarakat tentang bisnis properti.

 

Selain itu, BTN juga menjalin kerja sama dengan para pengembang dengan program-program menarik, sehingga memudahkan konsumen untuk dapat membeli rumah dengan memanfaatkan fasilitas KPR yang disediakan oleh BTN. Manager Non-Subsidized Mortgage and Consumer Leanting Division Bank BTN, Romeo Daniel Makenru Van Enst, mengatakan dalam pameran nanti, BTN siap memasarkan sejumlah produk unggulan.

 

Menyasar Milenial

Romeo mengatakan salah satu produk unggulan yang akan meluncur selama pameran adalah produk yang menyasar milenial. “Terobosan yang dilakukan BTN adalah kami membuat satu web BTNproperti.co.id untuk memudahkan milenial mengarah ke sana. Jadi pengajuan KPR atau mereka mencari rumah, mereka bisa lewat BTNproperti.co.id,” papar Romeo. “Dengan web tersebut para milenial bisa langsung mengajukan KPR secara online.”

 

Masih untuk mengakomodir para milenial, BTN juga menyediakan KPR dengan tenor yang cukup panjang hingga 30 tahun. “Dengan tenor yang 30 tahun untuk kepemilikan rumah, otomatis angsurannya lebih kecil,” lanjut Romeo.

 

Gad Permata dari Adhouse mengatakan dalam pameran ke-37 akan ada pendekatan khusus ke milenial antara lain berupa edukasi agar para milenial mencicil rumah, termasuk melalui pesan-pesan kekinian, seperti penggunaan #belirumahsekarang atau #2019beli rumah.

 

“Kedua, untuk milenial ini ada joke, misalnya beli rumah itu kebutuhan primer, tapi jalan-jalan juga kebutuhan primer. Jadi kami sedang mengolaborasi di mana mereka tetap teredukasi, datang untuk melihat KPR rumah, tapi mereka juga bisa jalan-jalan, karena BTN nanti akan mendorong cicilan jalan-jalan,” papar Gad.

 

Sementara itu dari sisi pengembang, untuk menyasar milenial juga telah disiapkan sejumlah strategi, antara lain menurut Arvin dari DPD REI Jakarta, pengembang mengecilkan ukuran rumah dan mendekatkan dengan sejumlah fasilitas yang secara khas dibutuhkan milenial, termasuk co-working space.

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha