LinkAja, Dana, dan OVO Komentari Kabinet Baru, Termasuk Menteri Nadiem

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Pingit Aria

24/10/2019, 16.25 WIB

Para pelaku industri fintech pembayaran cukup optimistis atas susunan Kabinet Indonesia Maju yang baru terpilih.

Mendikbud: Nadiem Makarim di halaman Istana Merdeka, Jakarta Puaat (23/10/2019). Hari ini presiden Joko Widodo mengumum para calon Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri Periode Tahun 2019-2024.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Mendikbud: Nadiem Makarim di halaman Istana Merdeka, Jakarta Puaat (23/10/2019). Hari ini presiden Joko Widodo mengumum para calon Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri Periode Tahun 2019-2024.

Para petinggi perusahaan financial technologi (fintech) pembayaran, yakni LinkAja, Dana, dan OVO mengomentari susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf. Termasuk, soal terpilihnya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan.

Head of Brand and Marketing Communication Group LinkAja Ignatius Untung mengatakan, perusahaan menyambut positif pemerintahan yang baru. "(Komposisi menteri) sudah cukup seimbang antara profesional dan politiknya. Seharusnya ini adil karena banyak anak muda dan banyak tokoh-tokoh yang kompeten," ujar Ignatius di sela Katadata Forum: Menakar Gelombang Besar Transaksi Digital, Kamis (24/10).

Ignatius melanjutkan, dari sisi keuangan, mayoritas peran industri fintech pembayaran diatur oleh Bank Indonesia (BI). Namun di luar itu, para menteri yang membidangi ekonomi pun dianggapnya cukup kompeten.

"Saya melihat peluangnya lebih kepada banyak orang-orang yang mengerti digital di sana. Jadi seharusnya mereka bisa merefleksikan bahwa Pak Jokowi punya kepedulian di bidang ini," ujarnya.

(Baca: Operator Harap Jhonny Plate Bisa Memeratakan Akses Telekomunikasi)

Hal senada dinyatakan oleh CEO DANA Vincent Henry Iswara. Menurutnya, para menteri yang telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo menunjukkan bahwa pemerintah sangat menunjang ekonomi digital.

Vincent juga merespons positif kehadiran beberapa menteri muda. "Progresif sekali, karena banyak (menteri) yang masih muda dan kami melihat ini sesuatu yang positif sekali," ujar Vincent kepada Katadata.

Secara khusus, Vincent juga menyambut dipilihnya mantan CEO Gojek Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Ia berharap, Nadiem yang berasal dari lingkup industri digital bisa menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan zaman.

"Kami harap (Nadiem) bisa melakukan transformasi baru karena dari posisi (industri) kita sendiri yang paling penting adalah pendidikan untuk menyiapkan kebutuhan sumber daya manusia," ujar Vincent.

(Baca: Asosiasi Fintech Berharap Menteri Baru Tak Menghambat Inovasi)

Sedangkan, Head of Public Relations OVO Sinta Setyaningsih yakin bahwa kabinet baru ini punya visi yang kuat soal pertumbuhan ekonomi digital dan didorong oleh pembangunan infrastruktur. “Jadi, kami sangat mendukung, dan kami siap bekerja sama dengan pemerintah," ujar Sinta. 

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan