Kemenkeu: Defisit Anggaran Tahun Ini Diperkirakan Melebar Hingga 2,2%

Agatha Olivia Victoria
25 Oktober 2019, 16:08
defisit anggaran melebar, defisit anggaran,
Arief Kamaludin|KATADATA
Defisit anggaran tahun ini diperkirakan mencapai 2,2% dari PDB atau lebih besar dari target dalam APBN 2019 sebesar 1,87%.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebutkan, defisit anggaran tahun ini diperkirakan akan lebih besar dari target yang ditetapkan dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar 1,87%.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman mengatakan defisit bisa melebar hingga 2,2% dari produk domestik bruto (PDB). "Pokoknya di kisaran 2-2,2% terhadap PDB sampai akhir tahun," ujar Luky dalam Konferensi Pers di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Jumat (25/10).

Advertisement

Luky menjelaskan melebarnya defisit anggaran diakibatkan oleh kondisi ekonomi global yang semakin tidak pasti yang berdampak pada penerimaan negara, terutama dari sisi neraca perdagangan yang masih defisit.

Prediksi ini juga melebihi outlook defisit anggaran sebelumnya yakni sebesar 1,93% dari PDB. Meski begitu, dia menekankan bahwa masyarakat tak perlu khawatir dengan hal ini karena pemerintah akan menjaga agar defisit tidak melebihi batasan yang ditetapkan dalam undang-undang.

(Baca: Defisit Anggaran Berpotensi Membengkak, Sri Mulyani Terbitkan PMK)

"Pemerintah akan tetap konsisten sesuai UU keuangan negara yang membatasi defisit 3% PDB. Masih ada fleksibilitas meski tetap hati-hati dan prudent," ucap dia.

Luky menjelaskan, pelebaran defisit ini dilakukan guna menstimulus perekonomian domestik. Di tengah tekanan ekonomi global yang tak pasti, ia menegaskan bahwa pemerintah perlu melakukan penyesuaian anggaran supaya perekonomian nasional tidak terpuruk.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement