Pengusaha Harap Nadiem Makarim Benahi Pendidikan di Tengah Era Digital

Image title
25 Oktober 2019, 07:59
Nadiem makarim, Pendidikan, Gojek, Pengusaha
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Mendikbud: Nadiem Makarim di halaman Istana Merdeka, Jakarta Puaat (23/10/2019). Apindo berharap pendiri Gojek itu dapat membuat sistem pendidikan yang cocok bagi pasar tenaga kerja saat ini. Apalagi Indonesia memasuki revolusi industri digital 4.0.

Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berharap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dapat merevolusi pendidikan sesuai zaman. Apindo juga mengkritik sistem pendidikan selama satu dekade belakangan seperti berjalan di tempat.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana mengatakan selama beberapa tahun belakangan, sistem pendidikan kerap berubah baik kurikulum hingga nomenklatur kementerian. Hal ini disebutnya membuat tenaga kerja Indonesia tertinggal dari negara lain.

Advertisement

Dia berharap pendiri Gojek itu dapat membuat sistem pendidikan yang cocok bagi pasar tenaga kerja saat ini. Apalagi Indonesia memasuki revolusi industri digital 4.0. “Harapan kami bagaimana jagoan Gojek ini format (pendidikan) anak-anak sesuai zaman,” kata Danang di Jakarta, Kamis (25/10).

(Baca: Ini Tantangan Nadiem Sebagai Mendikbud di Era Digital)

Danang juga ingin ada pembenahan pada proses edukasi dan kriteria pada guru.  Selain itu, Indonesia memerlukan sebuah sistem pendidikan yang stabil selama bertahun-tahun. “Paling tidak, setia dengan aturan yang kita buat sendiri,” kata Danang.

Selain kurikulum pendidikan, Danang  mengkritik metode pengajaran Balai Latihan Kerja (BLK) yang masih mempersiapkan calon tenaga kerja secara konvensional. Dia ingin BLK lebih adaptif dengan peenrapan teknologi dan digitalisasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement