Sertijab Wamenkeu, Mardiasmo Ingatkan Suahasil Agar Jangan Korupsi

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Happy Fajrian

25/10/2019, 20.54 WIB

Mardiasmo sepanjang karirnya di Kemenkeu menyatakan tidak pernah korupsi satu rupiah pun.

serah terima jabatan, wakil menteri keuangan, wamenkeu, sertijab, mardiasmo, suahasil nazara,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara di Istana Merdeka, Jakarta Pusat (25/10/2019). Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan ini kembali bekerja sama dengan Sri Mulyani menggantikan Mardiasmo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik para wakil menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 hari ini, Jumat (25/10). Adapun salah satu wakil menteri yang dilantik yakni Suahasil Nazara yang menjadi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu).

Usai pelantikan, acara serah terima jabatan Wamenkeu pun langsung dilakukan di Gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dalam acara ini Wakil Menteri Keuangan periode 2014-2019 Mardiasmo bernostalgia tentang pengalamannya di Kemenkeu.

Dia mengatakan bahwa usai menyelesaikan tugas sebagai Wamenkeu, Mardiasmo berniat untuk kembali ke kampung halamannya di Yogyakarta dan mengabdi sebagai dosen Universitas Gadjah Mada.

Selain bernostalgia, Mardiasmo juga memberikan pesan penting kepada penggantinya, Suahasil. "Saya berhasil menyekolahkan seluruh anak saya sampai S3 dan itu saya lakukan tanpa korupsi satu rupiah pun sebagai Wamen maupun selama di Kemenkeu. Jadi begitu ya Pak Sua," kata Mardiasmo di Gedung Kemenkeu, Jakarta, hari ini.

(Baca: Suahasil Nazara, Profesor UI yang Jadi Wamen Sri Mulyani)

Usai Mardiasmo memberi kata sambutan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati turut memberi pesan kepada Suahasil. Ia mengingatkan kepada Suahasil bahwa tantangan ekonomi ke depan tidaklah mudah.

"Jadi saya akan terus menerus meminta Kemenkeu agar semakin lincah karena tantangan tidak mudah. Saya harapkan kepada Bapak Suahasil bisa bekerja dengan emotional intelligence dan empathy," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Suahasil menyatakan bahwa dia akan mengemban tugas jabatan barunya tersebut dengan sangat serius. "Karena untuk melanjutkan ke depannya tentu tantangan dari perekonomian menjadi makin besar," ujar Suahasil usai acara serah terima jabatan.

Hal ini, sambung dia, karena pada saat ini kondisi ekonomi global kurang begitu baik. Dia juga menyatakan akan terus menjaga Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) supaya tetap berjalan dengan baik agar dapat berdampak besar dan maksimal terhadap pertumbuhan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, ketimpangan dan menciptakan lapangan kerja baru.

(Baca: Pelantikan Jajaran Wamen Dorong Penguatan Rupiah Terhadap Dolar AS)

Maka dari itu, mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu ini bertekad untuk terus memastikan bahwa kebijakan fiskal akan terus mendorong perekonomian yang optimal. "Apalagi pada saat global memang sedang terganggu seperti ini, kebijakan yang kita rumuskan menjadi tantangan kita," ucap dia.

Dalam acara pelantikan di istana, Jokowi juga sempat memberikan pesan kepada Suahasil. Ia meminta Suahasil mengoptimalkan serapan anggaran agar tepat sasaran. “Karena portofolio Kemenkeu besar, jadi dibantu Wamen,” kata Jokowi.

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan