Penunjukan Erick Thohir Jadi Menteri BUMN dan Naik-Turun Saham Mahaka

Image title
26 Oktober 2019, 06:00
Menteri BUMN: Erick Thohir di halaman Istana Merdeka, Jakarta Puaat (23/10/2019). Hari ini presiden Joko Widodo mengumum para calon Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri Periode Tahun 2019-2024.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri BUMN: Erick Thohir di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat (23/10/2019). Pergerakan saham perusahaan milik Erick Thohir mengalami fluktuasi yang sangat tinggi sejak dia dilirik oleh Presiden Jokowi untuk menempati salah satu kursi menteri hingga resmi terpilih menjadi Menteri BUMN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir merupakan pebisnis ulung. Salah satu jejak bisnisnya yaitu dengan berdirinya Mahaka Group.

Mahaka Group merupakan induk dari beberapa perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan hiburan. Dua entitas anaknya tercatat di Bursa Efek Indonesia sebagai perusahaan publik, yaitu PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dan PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI).

Saham kedua perusahaan tersebut mendapat sorotan karena terus mengalami penurunan sejak Erick resmi dilantik menjadi Menteri BUMN pada Rabu (23/10), di Istana Kepresidenan, Jakarta, dan harus melepaskan posisinya sebagai komisaris utama di kedua perusahaan miliknya tersebut.

"Sosok Erick kan penting untuk perusahaannya. Ketika ditinggal sama sosoknya, tentu saja perusahaanya dikhawatirkan tidak akan sebaik ketika ada Erick Tohir di sana," kata Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus kepada Katadata.co.id, Jumat (25/10).

(Baca: Jadi Menteri BUMN, Erick Thohir Dapat Peringatan Dari Dahlan Iskan)

Erick menyampaikan pengunduran dirinya dari posisi komisaris utama dua perusahaan tersebut melalui surat tertanggal 22 Oktober 2019 yang diunggah dalam keterbukaan informasi bursa. Pengunduran diri Erick merujuk pada Pasal 9 Peraturan OJK No 33 Tahun 2014 yang membahas tentang Direksi dan Dewan Komisaris emiten atau perusahaan publik.

Penurunan harga paling besar, dialami oleh saham Mahaka Media . Sejak Erick dilantik hingga penutupan perdagangan hari ini, Jumat (25/10), saham perusahaan berkode emiten ABBA tersebut sudah anjlok hingga 29,82% menjadi Rp 153 per saham. Hari ini saja, saham Mahaka Media ditutup dengan koreksi sebesar 9,47%.

Padahal, sebelum resmi menjabat sebagai Menteri BUMN, saham Mahaka Media sempat bergerak naik. Tren kenaikan harga saham perusahaan itu, dimulai sejak 15 hingga 21 Oktober 2019. Dalam tempo 5 hari perdagangan tersebut, saham Mahaka Media meroket hingga 35,4%.

Kenaikan harga saham pada periode tersebut, sejalan dengan kabar yang beredar terkait dengan diliriknya Erick Thohir menjadi menteri oleh Jokowi. Nyatanya, saat dirinya dipanggil ke Istana Negara pada Senin (21/10), saham Mahaka Media ditutup melonjak hingga 19,13%.

(Baca: Jokowi Lantik Dua Wamen karena Menilai Tugas Erick di BUMN Berat)

Sementara, saham Mahaka Radio Integra bergerak fluktuatif. Pada saat Erick Thohir datang ke Istana dan saham Mahaka Media naik drastis tersebut, saham perusahaan ini malah ditutup anjlok 8,73%. Selain itu, pada perdagangan hari ini, saham dengan kode emiten MARI ini ditutup naik 1,85% menjadi Rp 220 per saham.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...