Tunjuk 12 Wakil Menteri, Kadin Nilai Jokowi Ingin Hasil yang Cepat

Penulis: Rizky Alika

Editor: Sorta Tobing

26/10/2019, 12.13 WIB

Menurut Kadin, Kementerian Perdagangan bisa diberikan tugas yang harus dikejar dalam setahun, seperti menekan defisit perdagangan.

wakil menteri jokowi, kadin, kabinet jokowi 2019-2024
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (keempat kanan) berfoto bersama calon-calon wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sebelum acara pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Benny Soetrisno menilai Presiden Joko Widodo menginginkan hasil kerja yang cepat. Hal ini tercermin dari langkah Jokowi yang menunjuk 12 Wakil Menteri di dalam kabinetnya.

“Kalau seorang menteri dibantu Wakil Menteri, Deputi, Direktur Jenderal, kerjaannya lebih besar atau harus cepat,” kata dia di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (25/10).

Benny pun menilai, Jokowi menginginkan hasil kerja para menteri sudah terlihat dalam setahun pertama. Sebab, berdasarkan informasi yang ia terima, para wakil menteri diberikan indikator kinerja utama (key performance index/KPI). Bila tidak sesuai KPI, mereka bisa dicopot dari jabatannya.

Wakil Menteri Perdagangan, menurut dia, bisa diberikan tugas yang harus dikejar dalam setahun, seperti menekan defisit perdagangan. “Jadi mereka harus kerja keras menerjemahkan komoditas apa, ekspor ke mana yang didorong,” ujar dia.

Tugas Kementerian Perdagangan akan menjadi berat di tengah perang dagang yang meluas antara Amerika Serikat-Uni Eropa, Korea Selatan-Jepang, Indonesia-Uni Eropa. Karena itu, ia berpesan kepada Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga untuk turut menjaga pasar di dalam negeri. “Pasarnya besar. Kalau tidak dijaga, bisa diambil orang,” ujar dia.

(Baca: Politisi Golkar Jerry Sambuaga Ditunjuk Jokowi Jadi Wamen Perdagangan)

Sebagaimana diketahui, Jokowi kemarin telah melantik 12 wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Saat pengumuman, Jokowi menyelipkan pesan khusus kepada 12 orang tersebut.

Pesannya kepada Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar adalah agar menyelesaikan perjanjian dagang dengan 15 negara, terutama dengan Uni Eropa. Arahan sama juga disampaikan Jokowi kepada Jerry.

Selain itu, Presiden juga memerintahkan Kementerian Perdagangan memacu ekspor. “Beri back-up penuh agar perjanjian dagang bisa diselesaikan,” ujar Jokowi.

(Baca: Jokowi Resmi Lantik 12 Wakil Menteri di Kabinet Indonesia Maju)

Reporter: Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan