Tunjuk 12 Wakil Menteri, Kadin Nilai Jokowi Ingin Hasil yang Cepat

Rizky Alika
26 Oktober 2019, 12:13
wakil menteri jokowi, kadin, kabinet jokowi 2019-2024
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (keempat kanan) berfoto bersama calon-calon wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sebelum acara pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Benny Soetrisno menilai Presiden Joko Widodo menginginkan hasil kerja yang cepat. Hal ini tercermin dari langkah Jokowi yang menunjuk 12 Wakil Menteri di dalam kabinetnya.

“Kalau seorang menteri dibantu Wakil Menteri, Deputi, Direktur Jenderal, kerjaannya lebih besar atau harus cepat,” kata dia di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (25/10).

Benny pun menilai, Jokowi menginginkan hasil kerja para menteri sudah terlihat dalam setahun pertama. Sebab, berdasarkan informasi yang ia terima, para wakil menteri diberikan indikator kinerja utama (key performance index/KPI). Bila tidak sesuai KPI, mereka bisa dicopot dari jabatannya.

Wakil Menteri Perdagangan, menurut dia, bisa diberikan tugas yang harus dikejar dalam setahun, seperti menekan defisit perdagangan. “Jadi mereka harus kerja keras menerjemahkan komoditas apa, ekspor ke mana yang didorong,” ujar dia.

Tugas Kementerian Perdagangan akan menjadi berat di tengah perang dagang yang meluas antara Amerika Serikat-Uni Eropa, Korea Selatan-Jepang, Indonesia-Uni Eropa. Karena itu, ia berpesan kepada Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga untuk turut menjaga pasar di dalam negeri. “Pasarnya besar. Kalau tidak dijaga, bisa diambil orang,” ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...