Blusukan ke Pegunungan Arfak Papua, Jokowi Janji Bangun Bandara

Agustiyanti
27 Oktober 2019, 15:02
jokowi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Presiden Joko Widodo meminta waktu 2-3 tahun untuk membangun akses jalan, bandara, dan infrastruktur lain di Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji bakal membangun akses jalan dan bandara dari dan ke Pegunungan Arfak, Papua Barat. Ia meminta waktu 2-3 tahun merealisasikan janji untuk membangun infrastruktur-infrastruktur, 

"Beri waktu saya dua tahun untuk menyelesaikan bandara yang ada di sini. Sehingga semuanya terbuka, masyarakat bisa pergi ke mana pun dan bandara adalah sebuah sarana transportasi yang sangat penting untuk bisa lebih maju ke depan," ujar Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Papua Barat, seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu (27/10). 

Jokowi juga menjanjikan pembangunan fasilitas infrastruktur lainnya, termasuk akses jalan antara Pegunungan Arfak dan Manokwari. 

(Baca: Kunjungan Kerja Perdana Masa ke-2 Presiden, Jokowi Blusukan di Papua)

Ia berharap akses jalan tersebut akan memudahkan transportasi orang dan distribusi barang terutama produk-produk pertanian. Dengan demikian, para petani asal Pegunungan Arfak nantinya bisa menjual beragam komoditas pertanian seperti wortel, kol, dan kentang ke Manokwari.

"Agar barang-barang pertanian, produk-produk pertanian yang berasal dari Pegunungan Arfak bisa dijual di Manokwari," kata dia. 

Pembangunan jalan, bandara, dan infrastruktur lain juga diharapkan akan mendorong pariwisata dan perekonomian wilayah kabupaten pemekaran itu. Ia menilai infrastruktur-infrastruktur itu, terutama bandara memiliki peran penting bagi perekonomian penduduk setempat agar bisa lebih maju.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...