Gandeng IDI, Alodokter Sediakan Fitur Perpanjangan Izin Praktik Dokter

Penulis: Hari Widowati

27/10/2019, 12.26 WIB

Dokter bisa mempelajari materi sekaligus mengikuti ujian secara online untuk mengajukan Satuan Kredit Profesi (SKP) melalui platform Alomedika.

Startup bidang kesehatan Alodokter bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menampilkan fitur pengajuan Satuan Kredit Profesi (SKP) Online di platform Alomedika, di Jakarta, Sabtu (26/10). Dengan fitur ini, dokter bisa lebih mudah memperpan
KATADATA/HARI WIDOWATI
Startup bidang kesehatan Alodokter bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menampilkan fitur pengajuan Satuan Kredit Profesi (SKP) Online di platform Alomedika, di Jakarta, Sabtu (26/10). Dengan fitur ini, dokter bisa lebih mudah memperpanjang izin praktiknya.

Startup kesehatan Alodokter menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk meluncurkan fitur Satuan Kredit Profesi (SKP) Online di platform Alomedika. Lewat fitur ini, para dokter bisa memperpanjang izin praktik tanpa harus mengikuti simposium yang kerap membutuhkan waktu dan biaya tak sedikit.

Cofounder dan Direktur Alodokter, Suci Arumsari mengatakan, fitur SKP Online ini bagian dari upaya Alodokter mengembangkan ekosistem kesehatan berbasis teknologi. Aplikasi Alodokter saat ini telah memiliki 20 juta pengguna sedangkan aplikasi Alomedika menjadi wadah berkumpulnya para dokter dan sudah diunduh sebanyak 20 ribu pengguna. IDI memiliki 161 ribu anggota di seluruh Indonesia. Jika seluruhnya bisa menggunakan Alomedika, potensi penambahan pengguna akan sangat besar.

"Alomedika merupakan salah satu komunitas dokter terbesar yang ada. Kolaborasi ini tentu akan memudahkan anggota IDI dan dokter-dokter lainnya untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Ketua Umum Pengurus Besar IDI Daeng M. Faqih, di Jakarta, Sabtu (26/10).

(Baca Juga: Sequis Life dan Investor Singapura Ikut Suntik Alodokter Rp 468 Miliar)

Proses Pengajuan SKP Lebih Efisien

Selama ini proses untuk mendapatkan SKP harus dilakukan melalui seminar tatap muka di kota-kota besar. Dokter yang praktik di daerah terpencil kerap mengalami kesulitan mendapatkan SKP.

Alni Magdalena, salah satu dokter yang tergabung di Alomedika, menceritakan pengalamannya ketika bertugas di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia harus bolak-balik dari NTT ke Jakarta untuk mengikuti simposium dan memperpanjang izin praktik setiap lima tahun. "Dengan SKP Online, lebih mudah memperpanjang izin praktik," ujarnya.

Caranya, setelah mengunduh aplikasi Alomedika, dokter bisa mendaftar dengan menggunakan nomor Surat Tanda Registrasi (STR). Dokter bisa mempelajari berbagai materi yang akan diujikan ketika dokter mengajukan SKP Online. Setelah itu, dokter harus menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang sudah dipelajari. Untuk mendapatkan SKP Online, minimal dokter harus mendapat skor 7 dari 10 pertanyaan.

Daeng mengatakan, para dokter yang tergabung di platform Alomedika bisa menambah ilmu dan kapasitasnya melalui aplikasi Alomedika. "Materi ditulis oleh dokter dan sudah diakreditasi oleh Badan Pengembangan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (BP2KB)," kata Daeng.

Layanan ini juga tidak dipungut biaya alias gratis. Ia optimistis kerja sama ini akan meningkatkan kemampuan para dokter di Indonesia sehingga dapat mengurangi kesenjangan yang selama ini terjadi antara dokter-dokter di negara maju dan negara berkembang.

(Baca: 20 Ribu Dokter dan 20 Juta Pasien 'Online' Terhubung Lewat Alodokter)

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan