Mahendra Siregar, Tiga Kali Jabat Wakil Menteri di Era Dua Presiden

Hari Widowati
28 Oktober 2019, 13:06
mahendra siregar, wakil menteri luar negeri, profil mahendra siregar, diplomat karier, Presiden Jokowi, Presiden SBY, berita terkini hari ini
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat (25/10/2019). Mahendra sebelumnya menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat.

Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 akhirnya lengkap. Jumat (25/10) lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 wakil menteri untuk membantu tugas para menteri.

Mahendra Siregar ditunjuk menjadi wakil menteri Luar Negeri. Ia adalah perwakilan dari kalangan profesional yang meniti kariernya di pemerintahan.

Pria kelahiran Bandung, 17 Oktober 1962 ini diterima di Kementerian Luar Negeri setelah lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Mahendra pernah menjabat sebagai sekretaris III bidang ekonomi untuk Kedutaan Besar (Kedubes) RI di London, Inggris pada 1992-1995. Ia juga pernah menyandang gelar Duta Informasi Kedubes RI di Washington DC, Amerika Serikat (AS) periode 1998-2001.

Selanjutnya, Mahendra ditugaskan di Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian Indonesia pada 2001. Ia menjadi asisten khusus Menko Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Karier Mahendra di Kemenko Perekonomian terus menanjak. Peraih gelar master bidang ekonomi dari Monash University, Australia ini dipercaya menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerja Sama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional. Seperti ditulis oleh Investor Daily, Mahendra cukup lama memegang jabatan tersebut dari era Menko Perekonomian Aburizal Bakrie (2005-2006), Boediono (2006-2008), lalu ke Sri Mulyani (2008-2009).

Mahendra juga pernah ditugaskan untuk menjadi direktur utama (CEO) di Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank. Ia juga tercatat pernah menjadi komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta, seperti PT Dirgantara Indonesia, PT Aneka Tambang Tbk, PT Unilever Indonesia Tbk, dan PT Vale Indonesia Tbk.

(Baca: Mahendra Siregar Jadi Wakil Menlu, Ada Target Khusus dari Jokowi )

Tiga Kali Jadi Wakil Menteri

Di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Mahendra ditugaskan menjadi wakil menteri perdagangan sejak November 2009. Ia mendampingi Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

Dua tahun kemudian, Presiden SBY menugaskannya sebagai wakil menteri keuangan. Pada waktu itu, posisi menteri keuangan dijabat oleh Agus Martowardojo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...