Palapa Ring Dibangun, Pemprov Papua Barat Masih Mengeluhkan Internet

Desy Setyowati
28 Oktober 2019, 14:46
Pemprov Papua Barat mengeluh layanan internet belum merata meski sudah ada Palapa Ring
Kominfo
Ilustrasi, Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2014-2019, Rudiantara memberikan pemaparan mengenai proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur di Jakarta, Senin (19/11). Pemprov Papua Barat mengeluh layanan internet belum merata meski sudah ada Palapa Ring.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) periode 2014-2019 telah merampungkan Palapa Ring yang memungkinkan masyarakat dari Sabang hingga Merauke menikmati layanan internet. Namun, Pemerintah Provinsi Papua Barat berharap layanan ini diperluas ke distrik, termasuk pedalaman dan pulau terluar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua Barat, Frans Instia di Manokwari mengatakan, pemasangan kabel fiber optik Palapa Ring hanya mencakup kabupaten. Alhasil, layanan internet belum bisa dinikmati seluruh masyarakat Papua.

"Kami juga berharap ada kejelasan terkait skema pembiayaan. Ini membutuhkan biaya cukup besar. Kalau dibebankan kepada pemerintah daerah tentu sangat berat," kata dia di Manokwari, Papua, Senin (28/10).

Ia berharap, Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi (Bakti) membangun kabel serat optik hingga ke distrik. Dengan begitu, semakin banyak masyarakat Papua Barat yang merasakan manfaat dari Palapa Ring.

"Seperti kunjungan Presiden (Jokowi) di Pegunungan Arfak kemarin (Minggu 27/10). Kami tidak bisa meningkatkan jaringan internet secara maksimal. Kabel fiber optik hanya terpasang sampai di Menyambauw, sedangkan bapak Presiden berkunjung ke Anggi," kata dia.

(Baca: Palapa Ring Beres, Rudiantara Balik ke Swasta Bila Tak Jadi Menteri)

Menyiasati keterbatasan itu, pihaknya berkoordinasi dengan PT Telkomsel untuk meningkatkan lebar cakupan frekuensi atau bandwidth. Namun, langkah itu juga tidak bisa maksimal karena hanya ada satu Base Transceiver Station (BTS) di Anggi, itu pun kapasitasnya 2G.

“BTs-nya tetap 2G tapi bandwidth-nya kemarin ditingkatan menjadi empat megabyte. Ini pun masih sangat terbatas, hanya bisa untuk internet dan whatsapp non-streaming," kata Frans. Kondisi ini, kata dia, hanya salah satu contoh kendala yang kerap terjadi.

Halaman:
Reporter: Antara, Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...