Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok Bakal Diteken Lebih Cepat

Agustiyanti
29 Oktober 2019, 08:55
Presiden Amerika Serikat Donald Trump
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst
Presiden AS Donald Trump menyebut kesepakatan dagang dengan Tiongkok bakal diteken lebih cepat dari jadwal.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan penandatanganan kesepakatan dagang tahap pertama dengan Tiongkok bakal lebih cepat dari jadwal. Namun, ia tak menyebut kapan kedua negara ekonomi terbesar itu bakal meneken kesepatan dan mulai mengakhiri perang dagang.

"Kami sedang mencari kemungkinan untuk menandatangani bagian yang sangat besar dari kesepakatan Tiongkok lebih cepat dari jadwal. Kami akan menyebutnya fase satu, tetapi ini bagian yang sangat besar," kata Trump, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/1).

Para pemimpin AS dan Tiongkok sedang berupaya untuk menyepakati teks untuk perjanjian perdagangan "tahap 1" yang diumumkan oleh Trump pada 11 Oktober. Trump mengatakan ia berharap untuk menandatangani kesepakatan dengan Presiden China Xi Jinping bulan depan pada pertemuan puncak Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) summit di Chili.

(Baca: Jumlah Orang Kaya Tiongkok Kini Lebih Banyak daripada Amerika)

Trump pada Senin (28/1) waktu setempat mengatakan penandatanganan itu direncanakan untuk diteken di KTT APEC. Namun, melihat kerusuhan politik baru-baru ini di Chili, ia mengatakan yakin mereka bisa meneken kesepatakan sebelum pertemuan itu.

Menurut Trump, kesepakatan tahap pertama akan membantu para petani dan perbankan AS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...