Suara Merdeka Masuk Afiliasi VIVA Networks

Penulis: Martha Ruth Thertina

29/10/2019, 18.09 WIB

VIVA Networks dan Suara Merdeka menjalin kerja sama terkait konten dan pengembangan bisnis, khususnya digitalisasi media.

VIVA, Suara Merdeka, kerja sama VIVA Suara Merdeka, VIVA Suara Merdeka Kerja Sama
Dokumentasi VIVA
Presiden Direktur VIVA Networks David E. Burke, Presiden Direktur VIVA Anindya Bakrie, CEO Suara Merdeka Kukrit Suryo Wicaksono, dan Komisaris VIVA Networks Anindra Ardiansyah Bakrie saat penandatanganan kerja sama VIVA dan Suara Merdeka.

Viva Media Baru (VIVA Networks) yang merupakan anak usaha Visi Media Asia (VIVA), menjalin kerja sama strategis dengan Suara Merdeka Network. Kerja sama tersebut meliputi konten hingga pengembangan bisnis, khususnya digitalisasi media.

Secara rinci, dengan kerja sama ini, VIVA Networks yang memiliki beberapa portal berita, termasuk VIVA.co.id dan VIVAnews, akan mudah mendapat konten daerah, khususnya dari Jawa Tengah yang merupakan pasar Suara Merdeka.

Sedangkan Suara Merdeka bisa memperkuat isu nasional-politik dan gaya hidup dari konten VIVA.co.id dan VIVAnews. Selain itu, Suara Merdeka akan mendapat alih teknologi dan dukungan untuk pengelolaan platform online-nya, termasuk dalam hal distribusi dan monetisasi.

(Baca: Anindya Bakrie Tepis Isu Investor Tiongkok Masuk VIVA)

Presiden Direktur VIVA Anindya Bakrie mengatakan, kemitraan ini menunjukkan online dan offline bisa bersatu. “Kami bisa mengembangkan digital Suara Merdeka, meski kami sedang belajar. Kemudian kami juga bisa menguasai offline, karena yang ini jagonya Pak Kukrit (CEO Suara Merdeka)," kata Anindya.

Ia pun berharap kerja sama ini bisa berkembang ke penyelenggaraan event offline. Saat ini, VIVA memiiliki beberapa event offline seperti OnePride dan OnePrix. "Tentunya bisa membawa OnePride ke Jawa Tengah. Saya sangat bermimpi seperti itu," kata dia.

Presiden Direktur VIVA Networks David Burke mengatakan kolaborasi memang dibutuhkan di era digital saat ini. "Tak bisa hidup sendiri. Apalagi Suara Merdeka 100% Jawa Tengah," ujarnya.

Di sisi lain, CEO Suara Merdeka Kukrit Suryo Wicaksono menilai VIVA tidak salah memilih mitra kolaborasi. Dengan penduduk 35 juta jiwa, Jawa Tengah yang menjadi basis Suara Merdeka, merupakan pasar yang menggiurkan. "Ini market yang luar biasa untuk dikembangkan," ujarnya.

(Baca: Pangsa Pemirsa Trans Group Naik Signifikan, Caplok Pasar Pesaing)

Ia pun menilai kerja sama ini telah membawa Suara Merdeka naik kelas, dari media regional menjadi nasional. "Ini satu kehormatan. Mudah-mudahan tidak hanya bermanfaat bagi kita berdua, tapi buat bangsa dan negara," ujarnya.

VIVA Networks saat ini mengelola enam media yaitu VIVA.co.id, VIVAnews, 100Kpj, IntipSeleb, JagoDangdut, dan platform video Vlix. Sedangkan Suara Merdeka memiliki beberapa koran, portal berita, dan 100 jaringan radio di Jawa Tengah.

Adapun kedua belah pihak menandatangani kesepakatan kerja sama pada Selasa, 29 Oktober 2019 di kantor pusat VIVA, Jakarta.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan