Pasar Pantau Ekonomi AS, Rupiah Melemah 0,03%

Agatha Olivia Victoria
30 Oktober 2019, 17:12
Rupiah melemah pada penutupan perdagangan hari ini (30/10)
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi, penukaran uang dolar AS di sebuah gerai Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB) di Malang, Jawa Timur, Kamis (23/2). Rupiah melemah pada penutupan perdagangan hari ini (30/10).

Nilai tukar rupiah melemah 0,03% ke level Rp 14.030 per dolar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan hari ini (30/10), berdasarkan data Bloomberg. Analis menilai, pelemahan ini disebabkan oleh pasar yang memantau kondisi perekonomian AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah melemah 16 poin ke level Rp 14.044 per dolar AS. Padahal, kemarin rupiah berada pada posisi Rp 14.028 per dolar AS.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim menilai, perekonomian AS yang masih menggeliat menyebabkan rupiah melemah hari ini. "Rilis data ekonomi AS masih positif mengisyaratkan kemungkinan besar resesi tidak akan terjadi di AS," katanya kepada Katadata.co.id, Rabu (30/10).

Data ekonomi AS itu di antaranya penjualan ritel yang tercermin dari Redbook naik 4,3% secara tahunan (year on year/yoy) pada pekan yang berakhir 26 Oktober. Pertumbuhan ini lebih baik ketimbang pekan sebelumnya.

(Baca: Pasar Tunggu Keputusan The Fed, Rupiah Melemah)

Indeks harga perumahan AS pada Agustus juga naik 2% secara tahunan. Secara spesifik, penjualan rumah bukan baru pada September naik 3,9%, merupakan laju pertumbuhan tertinggi sejak Desember 2015.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...