Harga Minyak Tertekan Kekhawatiran Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok

Image title
31 Oktober 2019, 09:03
kilang minyak, harga minyak
KATADATA
Ilustrasi. Harga minyak mentah dunia kembali turun pada penutupan perdagangan Rabu (30/10) dipicu oleh peningkatan persediaan minyak AS.

Harga minyak mentah dunia kembali turun pada penutupan perdagangan Rabu (30/10) waktu Amerika Serikat (AS) tertekan peningkatan persediaan minyak mentah AS dan penurunan permintaan akibat kekawatiran terkait kesepakatan dagang AS dan Tiongkok.

Di akhir sesi, minyak mentah berjangka AS terdorong oleh  pernyataan TC Energy Corp terkait penutupan pipa minyak mentah Keystone akibat tumpahan di Dakota Utara. Perusahaan tersebut tidak mengatakan berapa lama saluran utama, yang membawa 590. ribi barel per hari (bph) minyak mentah dari Kanada ke kilang di Midwest AS, akan tidak berfungsi.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah berjangka jenis Bren ditutup, turun 4 sen menjadi US$ 60,57 per barel. Sedangkan harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate turun 14 sen menjadi US$ 54,92.

(Baca: Ekonomi AS Tumbuh Melambat, The Fed Pangkas Bunga Acuan 0,25%)

Sementara itu pada perdagangan pagi ini hingga pukul 08.40 WIB, harga minyak mentah AS WTI untuk kontrak November turun 0,04% ke level US$ 55,04 per barel. Sedangkan harga minyak Brent kontrak Oktober naik 0,21% ke posisi US$ 60,74.

Energy Information Administration (EIA) menyebut stok minyak mentah AS melonjak pada pekan lalu di tengah impor yang tinggi dan data terbaru cadangan nasional. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...